Ini Lho 5 Resep Sederhana Mengatur Gaji Buat Masa Depan Yang Cerah

Ini Lho 5 Resep Sederhana Mengatur Gaji Buat Masa Depan Yang Cerah

Selasa, 26 Apr 2016 | 13:44 | Kontributor 3
Winnetnews.com – Baru gajian? Wah asyik dong, memang waktu gajian merupakan waktu yang paling menyenangkan bagi karyawan. Yoi, soalnya waktu itu kamu bakal punya uang dan dapat menutupi kebutuhan kamu buat bulan depan…pikiran langsung plong deh.

Tapi jangan senang dulu, kalo kamu nggak bisa mengatur keuangan dengan baik, maka seberapa besarnya gaji kamu, tetap aja kamu pasti akan merasa kurang. Jadi dari pada memenuhi hal-hal yang kurang penting lebih baik kamu mengatur gaji buat masa depan.

Nah, kalo mau masa depan lebih baik, coba deh terapkan 5 tips ini agar gaji nggak sia-sia:

1. Atur Pengeluaran

image0

Biasanya orang yang terlilit hutang itu karena nggak bisa mengatur keuangan. So pasti mengatur pengeluaran bakal membuat kamu nggak pusing lho. Tetapi, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati gajimu. Tentunya kamu perlu juga menikmati gaji untuk kesejahteraan hidup.

Belilah barang-barang yang kamu butuhkan, tapi jangan terlalu menuruti semua keinginan. Paling tidak buat anggaran pengeluaran maksimal sebesar 40%.

2. Buat Laporan Keuangan

image1

Ini lho yang biasanya nggak dimiliki orang yang banyak utang. Biasanya mereka nggak punya catatan pemasukan dan pengeluaran keuanngan. Buat aja catatan sederhana, nggak perlu kaya akutan di kantoran kok. Agar lebih mudah, simpanlah nota dan struk belanja dengan rapi di amplop tersendiri beserta dengan catatan pengeluaran yang lain.

3. Tentukan Prioritas

image2

Biasanya habis gajian, kita seakan-akan mau beli semua keinginan kita…tapi sayangnya duitnya nggak cukup…Apalagi kalo kamu lagi belanja, wah pasti bakal kesurupan deh. Makanya diperlukan prioritas. Misalnya tagihan sehari-hari, belanja kebutuhan rumah tangga dan biaya pendidikan. Selanjutnya, jika kamu punya utang, segera bayar utang tersebut. Membayar hutang sama halnya dengan meringankan beban.

4. Dana Cadangan

image3

Ini yang harus kamu punya dong, yup dana cadangan atau tabungan. Dana ini bisa kamu pakai kalo seorang anggota keluargamu terserang penyakit atau mengalami kecelakaan. kamu bisa memberikan dana tersebut untuk pengobatan. Tetapkan dana cadangan minimal 10% dari gajimu.

5. Miliki Asuransi

image4

Kalo bisa coba deh ikut asuransi. Soalnya dengan asuransi kamu bisa memproteksi kondisi finansialmu. Tidak akan ada yang tahu kejadian di masa depan, begitu juga dengan kamu. Oleh karenanya, guna mengantisipasi kemungkinan buruk buatlah asuransi. Ada beragam jenis asuransi, dan asuransi yang paling penting untuk kamu miliki adalah asuransi kesehatan, rumah, dan kendaraan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...