Ini Lima Efek yang Terjadi Pada Tubuh Jika Terlalu Lama di Rumah
ilustrasi

Ini Lima Efek yang Terjadi Pada Tubuh Jika Terlalu Lama di Rumah

Kamis, 21 Mei 2020 | 21:30 | Anggara Putra Utama

Winnetnews.com -  Pandemi virus corona Covid-19 telah berdampak besar pada kehidupan sehari-hari. Tak terkecuali, kesehatan tubuh dan mental semua orang selama di rumah aja.

Sebagian besar orang pun merasa cemas tentang kesehatan, pekerjaan dan ekonomi dan kondisi orang-orang yang dicintai.

Para ahli mengklaim banyak orang mengalami kelelahan akibat virus corona Covid-19. Kondisi ini juga didorong oleh kenyataan hidup selama di rumah aja.

Bahkan masa isolasi mandiri di rumah aja berdampak banyak pada tubuh seperti yang dilansir oleh The Sun, antara lain:

1. Stres

Banyak orang semakin stres selama di rumah aja karena berbagai faktor, termasuk rutinitas tak stabil, sering berada di sekitar orang yang dicintai dan beban ekonomi.

American Psychological Association juga mengatakan bahwa stres bisa menyebabkan otot-otot di dalam tubuh dan membuat Anda kesakitan.

"Stres kronis bisa menyebabkan otot-otot di dalam tubuh dalam kondisi kurang lebih konstan. Saat otot tegang dalam jangka waktu lama, maka kondisi ini bisa memicu reaksi lain dari tubuh," Jelas Jane Muston, direktur klini di Viva Health Group.

2. Pola tidur

Stres akibat di rumah aja pasti akan memengaruhi pola tidur seseorang. Julie Moltke, seorang ahli kesehatan menambahkan bahwa kadar kortisol yang tinggi akibat stres bisa menghentikan orang dari tidur nyenyak.

"Pola tidur yang baik adalah kunci penghilang stres. Karena itu, sangat penting menjaga pola tidur ketika berusaha mengelola stres," jelas Julie.

Tapi, kadar kortisol yang tinggi pasti membuat seseorang lebih sulit tidur. Karena itu, ahli kesehatan biasanya merekomendasikan olahraga teratur di siang haru untuk menjaga pola tidur.

3. Masalah pencernaan

Usus yang tidak sehat dapat menyebabkan berbagai masalah dan stres kronis juga bisa memicu masalah perut. Banyak serotonin tubuh yang diproduksi di usus adalah hormon yang memengaruhi suasana hati dan pola tidur.

Karena itu, Anda akan lebih sering ke toilet ketika sakit perut yang bisa mengganggu pola tidur. Sedangkan stres akibat virus corona Covid-19 bisa menyebabkan usus tidak sehat.

Dr Lisa Das, Konsultan Ahli Gastroenterologi di OneWelbeck pun menyarankan semua orang untuk menjaga kesehatan usus selama di rumah aja.

4. Kabut otak dan perubahan suasana hati

Stres akibat pandemi juga bisa menyebabkan kabut otak dan perubahan suasana hati. Gangguan pada korteks pefrontal artinya Anda mungkin berada di atas hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagian otak ini juga yang bertanggung jawab atas regulasi emosional. Ketika tidak sinkron, maka Anda pasti akan mengalami perubahan suasana hati dan kabut otak.

5. Kesehatan mental

Masa isolasi mandiri di rumah aja juga menyebabkan masalah kesehatan mental karena berbagai faktor, seperti masalah keamanan, keuangan, kesehatan dan lainnya.

Padahal masalah kesehatan mental bisa menyebabkan komplikasi lain, seperti gangguan tidur dan makan. Pada akhirnya, kesehatan fisik juga akan terganggung sehingga orang lebih berisiko terhadap virus.

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...