(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ini Loh 6 Manfaat Minum Air Hangat saat Perut Kosong

Muchdi
Muchdi

Ini Loh  6 Manfaat Minum Air Hangat saat Perut Kosong Minum air hangat meredakan rasa nyeri (Ilustrasi-iStockphoto)

WinNetNews.com - Banyak dari kita telah membiasakan diri dengan kebiasaan minum teh atau kopi di pagi hari. Namun, yang paling bagus dikonsumsi saat perut kosong adalah air hangat.

Dikutip dari situs Liputan6 dari laman Step to Health, Sabtu (12/10/2018), minum air hangat pada saat perut kosong setiap hari bermanfaat bagi sistem pencernaan. Selain itu, kebiasan ini juga merangsang pengeluaran racun yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Sekalipun tidak memiliki rasa, ada manfaat lain yang bisa didapat dari kebiasaan minum air hangat ini. Berikut ini beberapa manfaat bagi tubuh yang didapat dari minum air putih hangat pada saat perut kosong di pagi hari.

1. Meningkatkan pencernaan

Secangkir air putih dengan suhu hangat saat perut kosong membersihkan tubuh dari racun yang mempengaruhi kesehatan Anda. Air dan cairan lain akan menstimulasi sistem pencernaan.

2. Mencegah sembelit

Sembelit menyebabkan perut kembung, dan rasa tidak nyaman. Konsumsi air hangat bisa membantu meningkatkan gerakan usus untuk melawannya.

3. Meredakan rasa sakit dan nyeri sehari-hari

Air hangat bisa menjadi obat sementara yang bagus untuk mengurangi keram karena menstruasi atau sakit kepala. Rasa hangat memiliki efek menenangkan pada tubuh. Selain itu, otot perut menjadi lebih rileks dan meredakan keram.

4. Membantu menurunkan berat badan

Minum air hangat saat perut kosong ideal untuk menurunkan berat badan karena meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, ini juga merangsang pembakaran lemak dan meningkatkan fungsi saluran cerna dan ginjal.

5. Memperbaiki sirkulasi darah

Minum segelas air putih bersuhu hangat merangsang pengeluaran timbunan lemak dari tubuh, bersama dengan deposit lain yang mempengaruhi sistem saraf. Sehingga, racun yang beredar dalam tubuh ikut keluar bersama urine atau keringat dan sirkulas darah meningkat.

6. Mencegah penuaan dini

Kebiasaan minum air hangat saat perut kosong membantu mencegah penuaan dini. Ketika dalam tubuh menumpuk racun, kondisi itu membuat tubuh rentan terhadap penyakit dan penuaan. Air hangat menstimulasi detoksifikasi dan mencegah banyak penyakit. Selain itu, minum air hangat ideal untuk memperbaiki sel-sel dan elastisitas kulit.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});