Ini Loh Jenis Makanan yang Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur
ilustrasi tidur ( Photo ministrydoorcounty.com )

Ini Loh Jenis Makanan yang Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur

Minggu, 17 Mei 2020 | 14:10 | Muchdi

Winnetnews.com -  Sulit tidur di malam hari merupakan masalah yang banyak dialami orang terutama pada saat ini. Tanpa disadari, hal ini bisa memicu banyak masalah pada seseorang.

Kondisi kurang tidur tak hanya menyebabkan masalah mental namun juga masalah kesehatan. Mengatasinya juga bukan merupakan hal mudah karena berbagai hal yang mungkin dialaminya.

Banyak orang mencoba mencari jalan pintas menangani kondisi ini dengan cara konsumsi obat tidur. Namun, sesungguhnya hal ini perlu dihindari karena bisa menyebabkan masalah.

Salah satu cara tak berbahaya dalam menangani masalah ini adalah dengan konsumsi makanan tertentu. Dilansir dari Daily Health Post, berikut sejumlah makanan yang bisa meningkatkan kualitas tidur.

- Jus Ceri

Penelitian menunjukkan bahwa jus ceri bisa meningkatkan kualitas dan waktu tidur pada orang dewasa yang terkena insomnia. Rata-rata orang dewasa mendapatkan tambahan waktu tidur hingga 84 menit per malam setelah mengonsumsi jus ceri. Jus ceri mengandung hormon tidur, melatonin, dan asam amino yang bisa memicu rasa kantuk.

- Kiwi

Sebuah penelitian yang dilakukan di Taiwan menemukan bahwa makan dua buah kiwi sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas dan menambah jam tidur hingga satu jam per malam. Pada penelitian tersebut, diketahui bahwa seseorang yang mengonsumsi kiwi menjadi lebih mudah terlelap di malam hari.

- Rumput Laut

Sebuah penelitian yang dilakukan University of Oxford menemukan bahwa anak-anak yang makan rumput laut memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Mereka juga berisiko lebih kecil untuk mengalami gangguan tidur. Hal ini karena adanya omega-3 DHA dalam rumput laut dan makanan laut.

- Kenari

Kenari adalah sumber yang bisa menghasilkan melatonin, hormon yang bisa membantu kamu cepat tidur. Sebuah penelitian di University of texas menemukan bahwa makan segenggam kenari sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidur dan mempercepat seseorang untuk terlelap.

- Teh Chamomile

Teh chamomile adalah minuman yang menyehatkan dan bisa menenangkan pikiran. Oleh karena itu, minuman ini sangat cocok untuk dikonsumsi sebelum tidur. Penelitian juga mengungkap bahwa mengonsumsi teh chamomile sebelum tidur bisa membuat orang cepat terlelap dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

- Almond

Sulit tidur merupakan salah satu gejala yang ditunjukkan ketika kekurangan magnesium. Almond adalah salah satu sumber magnesium yang baik dan bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Makanan lain yang mengandung banyak magnesium antara lain adalah biji labu, cokelat gelap, dan daun-daun berwarna hijau.

Konsumsi makanan dan minuman ini merupakan cara lezat yang bisa meningkatkan kualitas tidurmu. Selain itu, cara ini juga tidak membebani tubuh dan berdampak negatif.

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di Merdeka.com dengan judul "Cara Lezat Buat Kamu Lebih Mudah Tertidur di Malam Hari"

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...