(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ini Makanan Paling Aneh Dari Indonesia Tapi Rasanya Enak

Oky
Oky

Ini Makanan Paling Aneh Dari Indonesia Tapi Rasanya Enak Sumber Foto : Istimewa

Winnetnews.com - Dari dulu makanan Indonesia sudah sangat terkenal kelezatan dan variasinya. Bahkan beberapa ada yang diakui sebagai sebagai makanan yang terenak di dunia.

Kekayaan makanan khas Indonesia tak ada habisnya. Bahkan, ada beragam masakan yang diberi nama aneh dan nyeleneh. Apa saja ya?

1. Nasi Kentut

image0

Nasi kentut merupakan makanan khas Medan yang dimasak dengan daun kentut (paederia scandens) atau biasa dikenal orang Jawa dengan nama daun kesembukan. Meskipun daun ini berbau tidak sedap seperti kentut manusia, tetapi daun ini banyak khasiatnya lho.

Di antaranya mengobati sariawan, mengatasi perut kembung, mengobati mata dan radang telinga. Biasanya nasi ini disajikan dengan ikan pepes, ayam gulung, tahu dan tempe sesuai selera. Sudah pernah coba?

2. Kerupuk Melarat

image1

Makanan khas Cirebon ini biasa disajikan dengan sambal asam. Kerupuk ini disebut melarat karena tidak digoreng dengan minyak, tetapi dimasak dengan pasir yang telah dibersihkan terlebih dahulu.

Kerupuk ini tersedia dalam beraneka ragam warna yang menarik, yaitu hijau, putih, kuning, dan merah muda. Kamu paling suka warna apa?

3. Kue Onde-onde Ketawa

image2

Kue ini pertama kali dibuat pada masa dinasti Zhou untuk para tukang kayu dan tukang batu yang membangun istana kekaisaran. Kue ini melambangkan keselamatan dan kebersamaan. Mungkin saking enaknya bikin kita jadi ketawa saat menyantapnya. Hehehe...

4. Ketela Bajingan

image3

Makanan ini berupa ketela yang dimasak dengan gula Jawa dan santan, lalu disajikan dengan kuah manis yang kental. Karena disajikan utuh tanpa dipotong terlebih dahulu, makanan ini terlihat mirip dengan bajing rebus sehingga disebut ketela bajingan.

5. Kue Dollar

image4

Kue ini berbentuk bulat pipih mirip koin dan rasanya mirip kue semprong. Dulu hanya ada rasa gula palem, tetapi sekarang sudah memiliki berbagai varian rasa. Seperti rasa jahe, wijen, dan keju.

6. Kuku Macan

image5

Kuku macan merupakan kerupuk ikan tengiri, salah satu camilan khas Balikpapan. Bentuknya mirip dengan kuku jari yang runcing. Karena ukuranya agak besar, sehingga disebut kuku macan.

7. Kue Cubit

image6

Kue berukuran sekitar 4 sentimeter ini populer di Jakarta. Ketika matang, kue ini biasa diangkat dengan capit makanan, seperti dicubit. Sekilas mirip kue lumpur tetapi lebih banyak taburan topping di atasnya.

8. Sate kere

image7

Kudapan salah satu makanan khas Solo. Kere dalam bahasa Jawa artinya melarat atau miskin. Sate ini terbuat dari tempe gambus, yaitu tempe yang terbuat dari ampas tahu dan tetap dilengkapi bumbu kacang seperti sate pada umumnya.

9. Endog Bulus (Telur Kura-kura)

image8

Endog bulus mirip kue Nopia yang sempat dipopulerkan etnis Tionghoa di Banyumas. Kue ini sendiri berasal dari Magelang dan ukurannya sebesar telur kura-kura. Kulitnya agak keras dan terdapat gula merah yang manis di dalamnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});