Ini Manfaat Cuci Muka Bila Dilakukan Secara Rutin
ilustrasi

Ini Manfaat Cuci Muka Bila Dilakukan Secara Rutin

Jumat, 31 Mei 2019 | 20:36 | Rusmanto

Winnetnews.com - Menjaga kebersihan wajah tidak kalah penting dengan menjaga kebersihan tubuh. Maka dari itu, sama halnya seperti mandi, kita juga disarankan untuk mencuci muka dua kali sehari. Nah, ternyata manfaat cuci muka secara rutin tidak hanya berguna untuk membersihkan muka saja, tapi juga memberikan berbagai manfaat lainnya, lho!

Manfaat Cuci Muka Jika Dilakukan Secara Rutin

Mencuci muka menggunakan sabun umumnya dilakukan dua kali sehari yaitu di pagi hari dan di malam hari setelah selesai beraktivitas atau sebelum tidur. Sebagian orang terkadang melewatkan kegiatan rutin ini hanya karena merasa malas, padahal manfaat cuci muka sebelum tidur dan di pagi hari sangat lah banyak untuk kulit.

Kenali berbagai manfaat cuci muka berikut ini agar Anda tidak lagi berkeinginan untuk melewatkannya!

1. Membersihkan make up

Manfaat cuci muka yang pertama adalah untuk membersihkan make up di wajah.

Sebelum mencuci muka, Anda harus lebih dulu membersihkan make up menggunakan make up remover atau susu pembersih. Selanjutnya barulah gunakan sabun untuk membersihkan wajah Anda dari sisa make up yang mungkin masih tersisa di wajah.

Membersihkan make up sebelum tidur sangat penting. Jika tidak dibersihkan dengan benar, sisa make up dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit wajah seperti jerawat, komedo, hingga penuaan dini.

2. Membersihkan debu dan kotoran

Tidak menggunakan make up bukan menjadi alasan untuk tidak mencuci muka sebelum tidur.

Selain membersihkan wajah dari sisa make up, mencuci muka dengan sabun juga akan membantu membersihkan debu dan kotoran yang menempel di wajah. Sama halnya seperti sisa make up, debu dan kotoran yang tidak dibersihkan juga dapat menimbulkan berbagai masalah kulit.

Debu dan kotoran yang menumpuk dan tidak dibersihkan ini juga akan membuat kulit kusam dan kehilangan kecerahannya.

3. Mencegah penumpukan sel kulit mati

Sel kulit mati yang menumpuk di wajah akan membuat wajah terlihat kusam, kering, dan juga kasar.

Mencuci muka dapat mencegah sel kulit mati menumpuk pada wajah. Jangan lupa juga untuk menggunakan scrub atau masker wajah secara rutin agar sel kulit mati dapat terangkat dengan lebih maksimal. Scrub dapat digunakan maksimal satu minggu sekali, sedangkan masker wajah dapat digunakan 2-3 kali seminggu.

4. Menghilangkan racun atau toksin pada kulit

Paparan polusi sehari-hari pada wajah dapat meninggalkan racun atau toksin pada wajah.

Membasuh wajah dengan air biasa tentunya tidak akan cukup untuk membersihkan racun yang mengendap pada wajah tersebut. Mencuci muka dengan sabun secara rutin akan membantu untuk menghilangkan racun tersebut dan mencegah wajah mengalami berbagai masalah kulit.

5. Mencegah komedo dan jerawat

Siapa yang tidak resah dengan masalah komedo dan jerawat? Setiap orang tentunya tidak menginginkan keberadaannya di kulit wajah.

Mencuci muka dengan rutin adalah salah satu cara untuk mencegah jerawat dan komedo muncul, karena keduanya dapat muncul akibat dari tersumbatnya pori-pori oleh sisa kotoran di wajah. Beberapa jenis sabun cuci muka juga memiliki klaim mampu untuk mengatasi masalah komedo dan jerawat yang sudah terlanjur muncul, pilihlah jenis sabun yang sesuai.

Mengatasi jerawat juga merupakan salah satu manfaat cuci muka dengan air garam. Air garam dapat menjadi antiseptik yang mampu menyembuhkan luka dan mengurangi produksi minyak di wajah. Pilihlah jenis garam Himalayan salt dan cukup lakukan setiap 2-3 hari sekali saja. Pemilik kulit sensitif sebaiknya hindari pilihan yang satu ini.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...