Ini Manfaat dan Fungsinya Retainer Gigi
ilustrasi

Ini Manfaat dan Fungsinya Retainer Gigi

Minggu, 20 Des 2020 | 09:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Setelah melepas behel untuk mengatasi gigi berantakan, Anda biasanya dianjurkan untuk menggunakan retainer. Mungkin beberapa orang akan merasa tidak nyaman karena harus menggunakan alat lain lagi di mulutnya. Sebenarnya, seberapa perlu retainer gigi? Kemudian, apa yang harus dipertimbangkan ketika memilih alat tersebut?

Kenapa saya perlu retainer gigi?

image0

Alasan paling umum kenapa Anda perlu memakai retainer adalah demi menjaga posisi gigi yang baru  diperbaiki dengan behel gigi tetap pada posisi seharusnya.

Fungsi retainer gigi sangat penting dalam proses merapikan gigi Anda. Dikutip dari Oral Health Foundation, retainer akan menahan struktur gigi yang sudah diperbaiki behel sementara gusi dan tulang gigi memulai beradaptasi.

Jika langkah ini tidak dilakukan, gigi yang sudah dirapikan dengan behel bisa bergeser lagi. Ini bisa membuat penggunaan behel Anda sebelumnya jadi sia-sia dan menyebabkan sebuah kondisi yang disebut sebagai relapse.

Dokter akan menentukan berapa lama seseorang harus menggunakan retainer ini. Ada yang menggunakannya selama tiga bulan, setahun, atau mungkin lebih. Selain itu, ada juga yang diinstruksikan dokter untuk menggunakan retainer sepanjang hari atau waktu tertentu, tergantung masalah gigi yang Anda alami.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...