Ini Manfaat Kedekatan antara Ibu dan Anak
ilustrasi

Ini Manfaat Kedekatan antara Ibu dan Anak

Kamis, 27 Feb 2020 | 00:01 | Rusmanto
Winnetnews.com - Sudah bukan rahasia umum hubungan antara ibu dan anak bisa memengaruhi kesehatan mental anak. Bahkan, kedekatan antara ibu dan anak juga bisa memberi manfaat pada hubungan anak di usia remaja dan dewasa kelak, termasuk potensi  kekerasan (abusive) di dalamnya. 

Mengapa fenomena ini dapat terjadi? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya. 

Manfaat kedekatan ibu dan anak untuk hubungan masa depan

image0

Ibu dan anak sebenarnya sudah ‘berkomunikasi’ sebelum anak lahir. Selama kehamilan, tantangan yang dijalani ibu dan anak yang menciptakan kedekatan hubungan tersebut hingga akhirnya bisa membawa manfaat.

Seorang ibu juga memiliki peran penting dalam kesehatan mental anak. Hal ini dikarenakan mereka yang mempersiapkan kebutuhan dasar anak, seperti makanan, air, dan tempat tinggal.

Akhirnya, hubungan tersebut berkembang menjadi sebuah keterikatan. Ketika ikatan tersebut sehat, ternyata dapat membentuk hubungan yang lebih stabil di kemudian hari. Maka itu, hubungan antara ibu dan anak sangat penting untuk perkembangan kesehatan mental keduanya. 

Sebelumnya, mungkin Anda sudah pernah dengar bahwa remaja yang melihat orangtua bertengkar berisiko lebih tinggi berada dalam hubungan tidak sehat ketika dewasa. Namun, baru-baru ini terdapat penelitian yang mengungkapkan bahwa hubungan yang berujung dengan kekerasan dapat dicegah dengan kedekatan ibu dan anak. 

Penelitian dari Journal of Interpersonal Violence ini membuat survei yang diikuti oleh 140 remaja. Semua remaja yang mengikuti penelitian ini memiliki orangtua yang menikah atau hidup bersama sejak mereka lahir. 

Dari penelitian tersebut para peserta menjelaskan konflik yang terjadi antara orangtua mereka, kedekatan dengan ibu, dan keterlibatan dalam hubungan yang abusive. Hasilnya, anak-anak yang mendapatkan pola pengasuhan positif, terutama dari ibu, ternyata lebih tidak terlibat dalam kekerasan dalam hubungan ketika remaja. 

Maka itu, kedekatan ibu dan anak bisa memberi manfaat untuk penyelesaian risiko konflik yang terjadi ketika anak mulai memiliki pasangan. Mereka akan terhindar dari kekerasan dan sikap abusive di masa depan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...