Ini Manfaat Makan Makanan Pedas bagi Kesehatan
ilustrasi

Ini Manfaat Makan Makanan Pedas bagi Kesehatan

Kamis, 12 Des 2019 | 16:07 | Rusmanto
Winnetnews.com - Makanan pedas bisa memberikan sensasi mantap saat dikonsumsi. Hanya saja, jika dicermati, kita tak hanya akan merasakan sensasi pedas saat mengonsumsinya, melainkan juga akan berkeringat dalam jumlah yang banyak. Sebenarnya, apa penyebab makanan pedas bisa membuat kita berkeringat?

Makanan Pedas Membuat Berkeringat

Tak perlu menunggu waktu lama. Semenjak suapan pertama makanan pedas, kita bisa merasakan sensasi panas yang langsung bisa dirasakan di wajah dan kemudian berlanjut ke seluruh tubuh. Hal inilah yang kemudian membuat kita banyak berkeringat. Menurut pakar kesehatan, hal ini wajar terjadi dan terkait dengan sensor yang ada di lidah kita.

Sebagai informasi, lidah kita bisa merasakan sensasi manis, pahit, asam, dan rasa lainnya. Hanya saja, khusus untuk rasa pedas, maka sensor yang akan aktif di lidah adalah nosiseptor polimodal. Saat sensor ini aktif, otak akan mendapatkan sinyal panas dan mengaktifkan sistem demi melepaskan panas di dalam tubuh. Hal inilah yang kemudian membuat kita banyak mengeluarkan keringat.

Menariknya, sensasi pedas yang dirasakan bisa memberikan efek yang berbeda pada tubuh. Sebagai contoh, jika kita makan cabai, maka yang dirasakan adalah sensasi panas. Jika kita makan menthol, maka sensasi yang dirasakan adalah dingin. Jika yang dikonsumsi adalah cabai dan lada hitam, maka sensasi panas dan pedas yang dipicu oeh senyawa alkylamide ini akan sangat terasa pada mulut.

Jika kita mengonsumsi wasabi yang mengandung senyawa isothiocyanates, maka sensasi panas dan pedas akan langsung terasa di bagian sinus. Hal ini membuat kita langsung merasakan sensasi panas pada bagian dalam hidung.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...