Ini Manfaat Telur Ayam Kampung untuk Kesehatan
ilustrasi

Ini Manfaat Telur Ayam Kampung untuk Kesehatan

Rabu, 12 Feb 2020 | 20:10 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Telur ayam kampung dipercaya masyarakat umum sebagai penambah stamina dan kebutuhan kesehatan lainnya, namun bagaimana faktanya dalam dunia medis? Ketahui kandungan telur ayam kampung, manfaat telur ayam kampung, efek samping, dll.

Apa Itu Telur Ayam Kampung?

Telur ayam kampung adalah telur yang dihasilkan dari jenis ayam kampung. Ayam kampung adalah istilah yang diberikan untuk ayam-ayam yang dibesarkan dengan makanan alami seperti dedak, jagung, serangga, biji-bijian, nasi, dll.

Ayam kampung tidak diberikan bahan kimia apapun sehingga pertumbuhannya alami dan lebih lama dari pada ayam negeri. Sementara telur ayam kampung memiliki ciri-ciri dan bentuk yang jauh berbeda dengan telur ayam negeri yang biasa dikonsumsi untuk makanan sehari-hari.

Telur ayam kampung berukuran lebih kecil dan memiliki berat sekitar 26,27 gram sampai 55,4 gram per butir. Telur ayam kampung memiliki warna kulit putih. Jenis ayam kampung tersebut juga menentukan warna cangkang telurnya. Selain itu, telur ayam kampung dikatakan memiliki kandungan nutrisi yang lebih kaya daripada telur ayam negeri.

Kandungan Nutrisi Telur Ayam Kampung

Telur ayam kampung dipercaya sebagai penambah stamina alami karena memiliki kandungan nutrisi yang lebih menyehatkan dari telur biasa. Telur ayam kampung biasanya dikonsumsi secara mentah atau dicampur dengan jamu oleh sebagian besar masyarakat umum.

Berikut ini adalah kandungan nutrisi telur ayam kampung yang dibandingkan dengan telur ayam negeri berdasarkan data dari United States Department of Agriculture (USDA), yaitu:

  • Sepertiga lebih sedikit kolesterol
  • Seperempat lebih sedikit lemak jenuh
  • Dua per tiga lebih banyak vitamin A
  • Asam lemak omega-3 dua kali lipat lebih banyak
  • Vitamin E tiga kali lebih banyak
  • Beta karoten tujuh kali lebih banyak
  • Mengandung vitamin D lebih banyak

Telur ayam kampung memiliki beberapa kandungan nutrisi yang lebih banyak daripada telur ayam negeri, namun lingkungan pemeliharaan juga berpengaruh pada kandungan telur ayam. Para peneliti juga menemukan bahwa telur ayam negeri memiliki kandungan fosfor dan zinc yang lebih tinggi daripada telur ayam kampung.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...