Ini Manfaat yang Didapat Bila Menurunkan Asupan Gula

Rusmanto
Rusmanto

Ini Manfaat yang Didapat Bila Menurunkan Asupan Gula ilustrasi
Winnetnews.com - Salah satu jenis bahan makanan yang paling sering kita konsumsi adalah gula. Tak hanya dijadikan tambahan minuman agar membuatnya menjadi lebih manis, gula juga dijadikan campuran beberapa jenis makanan seperti kue, roti, dan lain-lain. Masalahnya adalah, kebiasaan mengonsumsi gula dalam jumlah banyak bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Detoks Gula

Pakar kesehatan menyebut detoks gula sebagai cara untuk menurunkan asupan gula harian. Sebagai informasi, ada baiknya kita membatasi asupan gula maksimal 50 gram. Masalahnya adalah terkadang kita tidak memperhitungkan seberapa banyak asupan gula harian yang kita konsumsi. Sebagai contoh, jika kita mengonsumsi minuman teh botolan di mini market, sudah bisa mendapatkan gula hingga 15-20 gram.

Jaclyn Reutens, pakar kesehatan dari Aptima Nutrition and Sports Consultants menyebut jika kita langsung menurunkan asupan gula secara mendadak, maka akan membuat kita mengalami kesulitan. Kita lebih disarankan untuk menurunkan asupannya sedikit demi sedikit agar tubuh beradaptasi dengan berkurangnya asupan gula harian.

Tak hanya menurunkan asupan gula pasir yang biasa kita campurkan pada minuman atau masakan, kita juga bisa menurunkan asupan gula dari beberapa bahan tambahan seperti saus yang tanpa disadari tinggi kandungan gula, sirup, permen, dan sejenisnya.

Kita juga sebaiknya mulai menurunkan asupan makanan tinggi gula seperti kue, permen, biskuit, dan camilan-camilan lainnya dan menggantinya dengan buah segar. Meskipun buah juga memiliki kandungan gula alami, keberadaan serat di dalamnya bisa mencegah kenaikan kadar gula darah. Hal ini juga akan membuat asupan kalori menjadi lebih terjaga.

Dengan memperhatikan hal-hal ini, kita pun akan bisa melakukan detoks gula demi memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh dengan signifikan.

Apa Reaksi Kamu?