Ini Manfaatnya Berkumur Menggunakan Air Garam
ilustrasi

Ini Manfaatnya Berkumur Menggunakan Air Garam

Kamis, 25 Feb 2021 | 10:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Setiap orang Indonesia pasti menyimpan natrium klorida alias garam di dapur rumahnya. Peran butiran putih ini untuk menyedapkan masakan tak perlu diragukan lagi. Namun, garam punya banyak manfaat selain menjadi “senjata” di dapur. Dilarutkan dengan air hangat, butiran asin ini juga bisa jadi senjata buat Anda menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Berkumur dengan air garam sudah jadi tradisi lama

image0

Zaman peradaban dulu memang belum mengenal sikat dan pasta gigi. Namun, berarti orang-orang zaman dulu jadi tidak acuh dengan kebersihan gigi dan mulutnya.

Larutan air asin sudah digunakan untuk berkumur sejak 5.000 tahun Sebelum Masehi oleh bangsa Romawi dan Yunani Kuno.

Maju beberapa abad kemudian, dokumentasi dari buku The Way of Ayurvedic Herbs mencatat larutan air asin juga digunakan oleh bangsa Tiongkok dan India Kuno untuk membersihkan mulut. Beberapa catatan rekor bahkan melaporkan penambahan beberapa tetes cuka ke dalam air garam buat berkumur.

Manfaat berkumur pakai air garam

image1

Natrium klorida secara alami bersifat osmosis yang bekerja menyerap cairan dalam jaringan atau sel. Bagian dalam mulut manusia terdiri dari jaringan lembap (lapisan mukosa). Kelembapan ini membuat mulut menjadi lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan bakteri.

Nah ketika kita berkumur dengan air asin, natrium klorida akan menyerap kelebihan cairan dalam mulut sehingga membuatnya kering. Lingkungan dalam mulut yang kering jadi tidak lagi ideal untuk bakteri bertahan hidup. Bakteri kemudian akan berhenti berkembang biak, dan pada akhirnya mati.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...