Ini Manfaatnya Bila Berjalan Tanpa Alas Kaki

Rusmanto
Rusmanto

Ini Manfaatnya Bila Berjalan Tanpa Alas Kaki ilustrasi
Winnetnews.com -  Kita tentu pernah mendengar informasi yang menyebut berjalan tanpa menggunakan alas kaki alias bertelanjang kaki bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Banyak orang yang mencobanya saat olahraga pagi di taman atau di jalanan yang sudah diberi tambahan batu yang memberikan efek seperti pijat refleksi. Sebenarnya, apakah bertelanjang kaki saat berjalan bisa memberikan manfaat kesehatan?

Manfaat Bertelanjang Kaki saat Berjalan

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa dilakukan jika kita berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki.

Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

1. Bisa Membuat Sirkulasi Darah Meningkat

Manfaat pertama yang bisa didapatkan jika kita berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki adalah bisa membuat sirkulasi darah meningkat. Hal ini disebabkan oleh aktifnya otot-otot di kaki untuk menyeimbangkan tubuh dan saraf yang mengirim sinyal menuju otak. Dengan sirkulasi darah yang semakin membaik, maka risiko terkena penyakit kardiovaskular pun bisa ditekan.

2. Mengatasi Peradangan

Berjalan kaki tanpa alas kaki di dalam rumah, di taman atau halaman rumah, dan di atas rumput bisa membantu menghilangkan peradangan di dalam tubuh. Dalam dunia medis, hal ini disebut sebagai proses grounding yang bisa membuat tubuh mendapatkan ion positif. Hal ini juga bisa membuat radikal bebas hilang dari tubuh.

3. Bisa Membuat Kualitas Tidur Meningkat

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, berjalan tanpa menggunakan alas kaki bisa membantu tubuh mendapatkan ion positif sekaligus menghilangkan ion negatif. Hal ini akan berimbas pada membaiknya ritme sirkadian tubuh. Hal ini bisa membuat kualitas tidur kita semakin membaik, baik itu dalam hal membuat tidur menjadi nyenyak atau durasi tidur yang cukup setiap malam.

Apa Reaksi Kamu?