Ini Nih 10 Fakta dan Mitos Kesehatan tentang Tertawa
Ilustrasi Tertawa ( Photo furtaev )

Ini Nih 10 Fakta dan Mitos Kesehatan tentang Tertawa

Sabtu, 25 Jan 2020 | 16:59 | Muchdi

Winnetnews.com -  “Tertawa adalah obat terbaik."  Pernyataan itu sering kita dengar.  Ternyata, hal itu benar. Mungkin saat kamu dan teman-teman berkumpul dan bercanda gurau, kamu seringkali berbagi tawa. Mau tahu kenapa tertawa seringkali disebut obat yang terbaik?

Alasannya adalah tertawa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita, dan tertawa dapat mendekatkan orang-orang dengan memicu reaksi fisik dan emosi dari tubuh.

Selain itu, tertawa bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, dan semua ini gratis tanpa harus membayar atau membeli sesuatu dari apotek. Selain membakar kalori, katanya, tertawa juga dapat memperpanjang umur.

Apakah hal itu benar? Yuk, simak 10 fakta dan mitos kesehatan tentang tertawa, yang disusun dari tim Ngovee.Jovee.id.

1. Tertawa dapat membuat seluruh tubuh rileks

Fakta! Otot tubuh kita akan lebih rileks, setelah itu denyut nadi dan tekanan darah meningkat, kitabernafas lebih cepat dan mengirimkan oksigen lebih ke jaringan dalam tubuh.

2. Tertawa menghasilkan hormon dopamin

Mitos! Faktanya, tertawa melepaskan hormon endorfin, hormon yang dihasilkan ketika kamu merasa senang dan menstimulasi rasa bahagia di otak. Hormon endorfin ini juga dapat menghilangkan rasa sakit yang dialami tubuh. Ketika tubuh mengeluarkan hormon endorfin,kamu akan merasa lebih rileks dan mampu mengontrol emosi.

3. Tertawa dapat meningkatkan sistem imun

Fakta!Tertawa dapat menurunkan hormon stres dan meningkatkan sel imun dan antibodi untuk melawan infeksi dan meningkatkan resistensi tubuh terhadap penyakit.

4. Tertawa dapat meningkatkan tekanan darah

Mitos! Faktanya, tertawa dapat menurunkan tekanan darah sehingga dapat membantu melindungi Anda dari stroke dan masalah jantung. Studi menunjukkan tertawa dapat menurun kantekanan darah hingga 7 mmHg.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...