Ini Nih 11 Cara Mengeluarkan Dahak Secara Cepat dan Alami
ilustrasi batuk berdahak ( Photo motherandbaby .co.uk )

Ini Nih 11 Cara Mengeluarkan Dahak Secara Cepat dan Alami

Sabtu, 13 Jul 2019 | 13:44 | Muchdi

Winnetnews.com -  Dahak yang menyumbat saluran pernapasan memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Adanya dahak biasanya merupakan tanda kalau saluran pernapasan kalian mengalami peradangan yang dipicu oleh berbagai penyakit.

Dahak biasanya berbentuk kental dan sulit dikeluarkan, karena fungsinya untuk menangkap debu, alergen dan virus agar tidak masuk ke saluran pernapasan.

Tapi jika kalian merasa dahak di saluran pernapasan sudah membandel dan mengganggu, ada berbagai cara untuk mengeluarkannya dengan cepat, mulai dari minum obat pengencer dahak hingga cara alami dan tradisional lainnya.

Seperti dikutip dari situs detikHealth, Jakarta, yang dirangkum dari berbagai sumber, dikutip Sabtu (13/7/2019), Jika kalian tidak suka meminum obat pengencer dahak, berikut adalah 11 cara mengeluarkan dahak secara cepat dan alami:

1. Uap Hangat

Salah satu cara alami untuk mengeluarkan dahak sekaligus melegakan pernapasan adalah dengan menghirup uap hangat. Atau kalian juga bisa menghirup uap hangat dari makanan seperti sup ayam atau teh hangat.

2. Minum Air Putih

Minum banyak air putih, terutama air hangat dapat mengeluarkan dahak dan melonggarkan saluran pernapasan yang tersumbat. Selain air putih, kalian juga bisa mengonsumsi sup ayam, teh tanpa kafein dan jus lemon hangat.

3. Kumur Air Garam

Kumur dengan air garam dapat mengeluarkan dahak yang mengganggu di tenggorokan dan susah keluar. Cara ini bahkan bisa membunuh kuman dan meredakan radang tenggorokan.

Caranya campurkan tiga perempat sendok te garam dengan air hangat. Setelah itu, kumur dengan posisi kepala menengadah selama 30-60 detik. Ulangi jika diperlukan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...