(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ini Nih 5 Bahan Ini Bisa Bikin Opor Ayam Makin Mantap

Muchdi
Muchdi

Ini Nih 5 Bahan Ini Bisa Bikin Opor Ayam Makin Mantap ilustrasi

WinNetNews.com - Opor ayam umumnya memakai bahan utama potongan daging ayam. Tapi Anda bisa tambahkan beberapa bahan yang bikin rasanya makin mantap.

Mau bikin opor ayam? Ayam kampung atau ayam negeri sama enaknya. Kalau isinya hanya daging ayam saja tentu jadi kurang mantap. Seperti dikutip dari situs detikFood,Jakarta, Jumat (15/6/2018), beberapa bahan berikut ini bisa Anda tambahkan agar isian opor ayam makin 'meriah' dan mantap rasanya.

1. Telur ayam atau bebek

Foto: Istimewa

Telur ayam atau telur bebek yang direbus jadi isian opor ayam yang paling disukai. Rebus telur ayam atau telur bebek lalu kupas kulitnya.

Kalau ingin rasa dedikit renyah, goreng telur rebus hingga kulit luarnya agak kecokelatan, tiriskan. Kemudian masukkan ke dalam rebusan opor ayam. Masak hingga bumbu meresap dan kuah opor agak kental.

2. Kentang

Foto-iStock

Kentang besar atau kentang kecil bisa jadi pilihan untuk dicampurkan dalam opor ayam. Untuk kentang besar, kupas kentang lalu potong agak besar dengan ukuran hampir sama. Jika memakai kentang kecil, kupas kentang dan cuci bersih.

Masukkan potongan kentang atau kentang kecil saat ayam sudah setengah matang. Ini agar kentang tidak hancur saat opor matang. Rebus bersama ayam hingga ayam lunak.

3. Hati dan ampela ayam

Foto-iStock

Dua jeroan ayam ini, hati dan ampela paling sering dijadikan campuran opor karena rasanya gurih enak. Cuci bersih ampela dan hati ayam lalu potong menjadi dua atau 4 bagian. Rebus sebentar dalam air mendidih hingga kaku dan tiriskan.

Ini agar aromanya tidak amis. Masukkan hati dan ampela dalam rebusan opor ayam dan masak hingga empuk.

4. Tahu

Foto: Istimewa

Tahu putih atau tahu goreng juga enak dimasak bersama opor ayam. Pilih tahu putih yang bagus kualitasnya. Potong-potong ukuran agak besar lalu goreng hingga agak kering dan tiriskan. Masukkan ke dalam rebusan opor ayam.

Jika memakai tahu goreng (yang segitiga) bisa langsung dimasak bersama opor ayam. Bumbu opor yang meresap hingga ke dalam tahu rasanya jadi gurih enak.

5 Tempe

Foto-iStock

Tempe yang berkualitas bagus juga bisa jadi paduan ayam dalam opor. Potong-potong ukuran besar lalu goreng hingga setengah kering. Masukkan ke dalam rebussan opor ayam dan masak hingga ayam matang dan kuah opor meresap ke dalam tempe.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});