Ini Nih 5 Cara Santai Meregangkan Tubuh di Atas Kasur

Ini Nih 5 Cara Santai Meregangkan Tubuh di Atas Kasurilustrasi (Pixabay-condesign)

WinNetNews.com - Meregangkan tubuh merupakan salah satu cara menghilangkan stres setelah penat dengan rutinitas harian. Cara ini dapat melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh lebih rileks.

Peregangan tubuh dapat Anda lakukan dengan sederhana, baik sebelum atau setelah tidur. Tak perlu repot-repot mengganti baju dan menggelar karpet yoga, cukup lakukan peregangan sederhana ini di atas kasur.

Dikutip dari situs CNN Indonesia, Jakarta, Sabtu (15/9/2018), berikut 5 cara meregangkan tubuh dengan santai yang bisa dilakukan di atas tempat tidur.

1. Lutut ke dada

Dengan posisi tidur terlentang, tekuk lutut dengan lembut dan letakkan lutut ke bagian dada. Genggam tangan di bagian tulang kering lalu tarik ke bawah untuk meningkatkan tekanan. Lepaskan ketegangan di bagian pundak dan leher.

Lakukan latihan ini pada kaki sebelah kiri terlebih dahulu selama 30 detik dan lakukan gerakan yang sama pada kaki sebelah kanan. Pop Sugar melaporkan cara ini dapat merilekskan tulang punggung dan kaki.

2. Peregangan urat lutut

Dengan posisi berbaring terlentang, angkat kaki kiri setinggi mungkin sehingga membentuk sudut 90 derajat. Pastikan panggul rata dengan kasur.

Lalu, pegang paha bawah dan dorong kaki bergerak ke arah kepala. Lenturkan kaki bawah untuk meregangkan betis. Lakukan latihan ini selama 30 detik dan ulangi pada kaki sebelah kanan.

3. Kobra

Seperti namanya, teknik ini membentuk badan seperti kobra. Latihan ini dapat meregangkan otot perut, dada, dan leher, serta meningkatkan fleksibilitas tulang belakang.

Untuk melakukan latihan ini, posisikan tubuh berbaring menghadap kasur. Rentangkan kedua tangan ke bagian depan. Lalu, jaga kaki dan panggul tetap pada kasur, sementara perlahan tangan bergerak ke arah dada dengan tubuh terangkat.

Topang tubuh dengan siku dan panjangkan leher. Lakukan latihan ini selama 30 detik dan kembali baringkan tubuh ke kasur.

4. Gerakan menyamping

Latihan ini dapat meregangkan bagian paha depan, pinggul, serta bahu. Untuk melakukannya, baringkan tubuh pada posisi menghadap ke kiri. Tekuk siku tangan kiri untuk menopang kepala. Lalu, tekuk lutut kanan dan pegang bagian atas telapak kaki dengan tangan kanan.

Tarik tumit ke bagian pantat. Jika sulit menyeimbangkan tubuh, tak ada salahnya untuk menekuk lutut kaki kiri.Tahan latihan ini selama 30 detik dan lakukan dengan posisi tubuh menghadap ke kiri.

5. Kupu-kupu

Ini merupakan gaya yang tepat untuk meregangkan pinggul dan punggung bagian bawah. Lakukan latihan ini dengan posisi duduk di kasur dan kedua lutut ditekuk membentuk telapak kaki yang saling menyentuh, seperti bersila. Gerakkan tubuh ke depan sejauh mungkin, dan letakkan tangan di pergelangan kaki atau di depan kaki. Lakukan latihan ini selama 30 detik.