Ini Nih 5 Daftar Sayur Paling Sehat untuk Konsumsi Harian

Muchdi
Muchdi

Ini Nih 5 Daftar Sayur Paling Sehat untuk Konsumsi Harian ilustrasi Brikoli ( Photo Istimewa )

Winnetnews.com -  Sayuran kaya akan nutrisi berupa serat, vitamin, hingga mineral. Dari sekian banyak jenis, ada beberapa daftar sayur paling sehat.

Pada daftar itu, sejumlah sayuran memiliki nutrisi paling baik. Nutrisi pada sayur dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut 5 sayur dengan nutrisi terbaik untuk dikonsumsi setiap hari.

1. Bayam

Tak salah jika Popeye menjadikan bayam sebagai sumber kekuatan. Studi menunjukkan, bayam merupakan sayur paling sehat dengan nutrisi yang tinggi.

Sekitar 30 gram bayam mengandung 56 persen kebutuhan vitamin A harian dan juga kebutuhan vitamin K dengan hanya 7 kalori saja.

Bayam juga memiliki antioksidan berupa betakaroten dan lutein yang tinggi, sehingga dapat mencegah penyakit kronis.

2. Wortel

Data dari Healthline menunjukkan, sekitar satu porsi wortel atau setara 128 gram menyediakan 428 persen kebutuhan vitamin A harian. Warna oranye yang menyala merupakan antioksidan betakaroten yang yang dapat membantu mencegah kanker.

Studi mendapati, konsumsi satu porsi wortel setiap minggu mengurangi risiko kanker prostat. Wortel juga mengurangi risiko kanker paru-paru.

3. Brokoli

Mengutip Medical News Today, satu porsi brokoli mengandung 55 kalori, kebutuhan harian vitamin K, dan dua kali lipat kebutuhan harian vitamin C.

Menjadi salah satu dari daftar sayur paling sehat, brokoli juga kaya akan folat, mangan, dan kalium yang dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit.

4. Bawang putih

Meski digunakan sebagai bumbu dapur, bawang putih sebenarnya tergolong dalam sayur-sayuran. Bawang putih memiliki nutrisi yang dapat menjaga keseimbangan gula darah sehingga menjaga kesehatan jantung.

Studi menunjukkan, konsumsi bawang putih juga dapat mengurangi risiko terkena diabetes dan kanker.

5. Kacang polong

Satu porsi kacang polong mengandung protein, vitamin A, C, dan K. Kacang polong mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan sistem pencernaan terutama usus.

Kacang polong juga memiliki saponin yaitu zat yang dapat melawan sel kanker.

Konsumsi daftar lima sayuran paling sehat ini secara rutin dapat mencegah penyakit kronis seperti diabetes, jantung, dan kanker.

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia.com dengan judul "5 Daftar Sayur Paling Sehat untuk Konsumsi Harian"

Apa Reaksi Kamu?