Ini Nih 5 Gejala Alergi Dingin dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi Alergi ( Photo hellosehat )

Ini Nih 5 Gejala Alergi Dingin dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 14 Des 2019 | 10:56 | Muchdi

Winnetnews.com -  Memasuki musim hujan, suhu udara cenderung menjadi lebih rendah terutama di pagi dan malam hari. Dinginnya udara yang ditambah dengan kelembapan tinggi membuat sejumlah penyakit lebih mudah menular, sebut saja flu dan batuk.

Selain flu dan batuk, udara dingin juga bisa memicu alergi. Alergi akibat suhu udara yang rendah umumnya disebut dengan 'alergi dingin'. Alergi dingin biasanya muncul di pagi dan malam hari, atau bisa juga di sepanjang hari saat tubuh terpapar udara dingin.

Gejala alergi dingin

Gejala alergi muncul karena sistem kekebalan tubuh bereaksi negatif terhadap zat-zat tertentu atau disebut dengan alergen. Udara dingin, serbuk sari, tungau, atau kandungan dalam makanan dapat menjadi alergen, mengutip Healthline.

Karena respon tubuh setiap orang terhadap alergen bisa berbeda, maka jenis alergi yang dialami oleh orang bisa berbeda-beda pula. Bila tubuh merespon negatif pada udara dingin, maka besar kemungkinan Anda akan mengalami alergi setiap kali tubuh terpapar oleh udara dingin.

Tak jauh beda dengan alergi lainnya, gejala alergi dingin memiliki sejumlah tanda, yakni:

1. Kulit bentol dan gatal (biduran)

Kulit merupakan organ tubuh yang menjadi tameng pertama terhadap udara dingin. Itu sebabnya, gejala alergi dingin biasanya lebih dulu tampak pada permukaan kulit.

Gejala alergi dingin pada kulit bisa berupa kulit ruam merah, bentol, dan terasa gatal. Gejala ini mirip seperti gejala alergi karena makanan tertentu seperti alergi udang atau ikan.

2. Bersin

Bersin juga merupakan gejala khas alergi dingin. Gejala yang satu ini umumnya muncul di pagi hari, berlangsung terus-terusan dalam waktu beberapa jam hingga suhu udara naik.

Berbeda dengan bersin akibat terpapar virus atau bakteri, bersin yang termasuk gejala alergi dingin berlangsung hanya di waktu tertentu, seperti pagi dan malam hari. Sedangkan bersin yang termasuk gejala infeksi bisa terjadi setiap saat walau suhu udara panas.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...