Ini Nih 5 Hal Paling Jorok di Rumah yang Harus Segera Dibersihkan
Ilustrasi beres- beres rumah ( Photo Istimewa )

Ini Nih 5 Hal Paling Jorok di Rumah yang Harus Segera Dibersihkan

Sabtu, 29 Des 2018 | 18:06 | Muchdi

WinNetNews.com - Libur panjang kali ini nggak ada salahnya buat beres-beres rumah. Sebab, banyak hal di rumah yang ternyata menjadi sarang bakteri karena jarang diperhatikan seperti saklar lampu atau spons pencuci piring.

Memang, bakteri sangat mudah dijumpai dimanapun. Bersentuhan tangan pun akan memindahkan bakteri dengan sangat mudah. Hal yang perlu menjadi perhatian khusus adalah bakteri dan virus tertentu yang membawa potensi penyakit menular.

Dikutip dari situs detikHealth dari laman SELF, dikutip Sabtu (29/12/2018), Berikut hal yang paling jorok di rumah yang harus segera kamu bersihkan. 

1. Bak cuci piring di dapur

"Tempat paling kotor di dapur adalah bak cuci piring," kata Meghan May, profesor mikrobiologi dan penyakit menular di University of New England College of Osteopathic Medicine, dikutip dari SELF.

May menjelaskan, meski wastafel dapur sering dibersihkan, namun risiko kontaminasi tetap ada seperti di talenan tempat memotong daging, rak telur, bahkan cipratan dari bahan makanan yang dicuci.

Dapur adalah tempat ditemukannya banyak mikroorganisme dalam makanan yang terkontaminasi, seperti bakteri salmonella, Campylobacter, listeria, dan E. coli juga virus yang dapat mengotori air. Hal ini dapat menyebabkan penyakit seperti diare, mual, sakit perut, dan demam.

2. Spons dan lap pembersih

Studi yang dipublikasikan dalam Scientific Reports tahun 2017 lalu menemukan 362 tipe bakkteri dalam 14 sampel spons dapur pembersih. Spons yang sulit dibersihkan membuat bakteri mudah berkembang.

Environmental Protection Agency atau Badan Perlindungan Lingkungan telah memperingatkan untuk tidak membersihkan area rumah dengan spons atau lap pembersih karena hanya memindahkan kuman.

3. Gagang pintu dan saklar lampu

Kedua benda ini sangat sering disentuh oleh banyak orang berpotensi menjadi kotor. Gagang pintu dan saklar lampu pun jarang dibersihkan karena sangat tidak mencolok dan mudah untuk diabaikan.

4. Handphone

Kebanyakan orang membawa handphone ke toilet saat buang air bahkan ketika mandi. Sebuah penelitian di oleh Germs tahun 2017 menemukan lebih dari 17.000 bakteri di satu handphone, salah satunya bakteri Staphylococcus aureus yang dapat mengakibatkan infeksi seperti keracunan makanan.

Jika membawa handphone di sekitar rumah, penyebaran bakteri dan virus akan lebih rentan terjadi.

5. Mainan atau benda di lantai

Apapun benda yang dilantai berpotensi menyebarkan virus dan bakteri, khususnya mainan anak-naka yang seringkali diletakkan begitu saja.

Mereka yang terkena virus influenza lalu memegang benda lain seperti mainan akan menyebarkan penyakitnya ke orang lain dalam kurun waktu kurang dari 48 jam. Oleh karena itu, selalu simpan benda di tempat yang aman dan tidak berpotensi bakteri.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...