(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ini Nih 5 Jurus Mudah untuk Selalu Hidup Sehat

Muchdi
Muchdi

Ini Nih 5 Jurus Mudah untuk Selalu Hidup Sehat ilustrasi Selalu Hidup Sehat (Evgeny-Atamanenko-Shutterstock)

WinNetNews.com - Dalam bayangan beberapa orang, gaya hidup sehat selalu berhubungan dengan hal-hal yang rumit. Diet ketat, olahraga di gym, dan saran para ahli yang kadang bertentangan adalah contoh yang membuat orang enggan untuk memulai gaya hidup sehat. Namun sebenarnya, menjalani hidup sehat bisa dilakukan dengan cara mudah dan sederhana.

Demi mendapatkan kesehatan yang optimal, Dikutip dari situs Klikdokter, Jakarta , Sabtu (1/12/2018), Anda hanya perlu melakukan 5 jurus berikut ini:

1. Jangan biarkan "racun" masuk ke dalam tubuh Anda

Semua orang tahu bahwa rokok, makanan cepat saji, dan lemak trans adalah racun bagi tubuh. Hanya saja, beberapa orang sulit untuk menghindarinya. Semua orang tentu tahu betapa berbahayanya rokok, Tapi anehnya, para perokok tetap mengisapnya. Bahkan meski di kemasan rokok tertera gambar yang memperlihatkan bahaya rokok, pecandu rokok masih saja mengisapnya.

Makanan cepat saji juga salah satu yang paling sulit untuk dihindari. Dengan tambahan garam, lemak dan bumbu penyedap lainnya, makanan cepat saji menjadi sangat lezat dan sangat sulit untuk ditolak. Sementara itu, lemak trans dalam makanan siap saji akan meningkatkan kadar kolesterol “jahat” di dalam tubuh.

2. Ayo bergerak

Olahraga? Pasti banyak yang membayangkan capek atau mahal karena harus membayar biaya bulanan di gym. Padahal, olahraga juga bisa mudah dan praktis tanpa perlu alat, misal dengan jalan kaki atau joging di sekitar kompleks rumah. Tapi pastikan juga Anda melakukan latihan ketahanan (strength training) untuk kesehatan yang optimal, seperti angkat beban.

Angkat beban dapat menurunkan kadar gula darah dan insulin dan menurunkan trigliserida, serta menambah kadar testosteron dan hormon pertumbuhan Anda. Terlebih lagi, olahraga dapat membantu mengurangi depresi dan risiko berbagai penyakit kronis, seperti obesitas, diabetes tipe-2, penyakit jantung, Alzheimer, dan masih banyak lagi.

Kunci keberhasilannya, pilihlah olahraga yang dapat Anda nikmati dan bertahan bisa rutin Anda lakukan dalam jangka panjang. Jadi, Anda tidak punya alasan untuk tidak melakukannya.

3. Tidur cukup

Tidur adalah kegiatan yang tidak boleh terlewatkan begitu saja. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur berhubungan dengan banyak penyakit, termasuk obesitas dan penyakit jantung.

Para ahli menyatakan bahwa durasi tidur yang baik adalah 7-8 jam. Jika Anda tidak bisa tidur, Anda dapat mencoba beberapa cara ini untuk mengatasinya:

- Jangan minum kopi menjelang tidur

- Cobalah untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya

- Tidur di ruangan gelap, tanpa cahaya artifisial sedikitpun

- Hindari main gadget sebelum tidur

4. Konsumsi makanan sehat

Sehat dalam hal ini adalah makanan yang utuh dan belum diolah. Anda bisa mengonsumsi makanan kombinasi – hewani dan nabati – seperti daging, ikan, telur, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, makanan mengandung lemak sehat, dan produk susu berlemak tinggi.

Buat Anda yang sehat, bertubuh ideal dan aktif, makan karbohidrat kompleks utuh tidak masalah. Ini bisa termasuk kentang, ubi jalar, kacang-kacangan dan biji-bijian seperti gandum. Akan tetapi, jika Anda mengalami obesitas, kurangi sumber karbohidrat utama untuk kesehatan yang optimal.

5. Kelola stres dengan baik

Stres berlebihan sangat berbahaya karena dapat meningkatkan kadar kortisol dan sangat merusak metabolisme Anda. Stres juga dapat meningkatkan keinginan ngemil yang berujung pada penimbunan lemak di daerah perut dan meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Studi juga menunjukkan bahwa stres adalah penyumbang depresi yang signifikan. Untuk mengurangi stres, cobalah untuk berolahraga, jalan-jalan di alam terbuka, berlatih teknik pernapasan dalam, dan meditasi.

Mudah bukan membangun hidup sehat? Beberapa cara di atas dapat Anda jalankan untuk mewujudkan hidup sehat bagi Anda dan keluarga. Pastikan Anda melakukannya dengan senang hati dan konsisten agar manfaatnya terasa hingga jangka panjang.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});