(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ini Nih 5 Makanan Tinggi Garam Tersembunyi yang Harus Dihindari

Muchdi
Muchdi

Ini Nih 5 Makanan Tinggi Garam Tersembunyi yang Harus Dihindari Ilustrasi keju ( Foto- iStock )

WinNetNews.com - Berdasarkan Panduan Umum Gizi Seimbang 2003, konsumsi garam sebetulnya tidak boleh lebih dari 6 gram (1 sendok teh) dalam 1 hari atau sama dengan 2300 mg natrium. Sayangnya sebagian besar dari kita melebihi batas tersebut dalam diet sehari-hari.

Bahkan saat kita berhati-hati membatasi asupan garam karena khawatir ancaman hipertensi, tetap saja garam sulit untuk dihindari karena di mana-mana makanan menggunakannya sebagai penyedap. Ada juga makanan yang sering dianggap 'aman' tapi ternyata mengandung garam tersembunyi.

Kalau kamu sedang berusaha ingin membatasi asupan garam, kenali beberapa makanan yang diam-diam bisa tinggi garam ini seperti dikutip dari situs detikHealth dari laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), dikutip Minggu (11/11/2018), diantaranya:

1. Roti

Meski kamu mengonsumsi roti tawar, nyatanya adonan roti tersebut bisa mengandung garam yang tinggi. Sebelum membeli produk roti coba perhatikan kata kunci "sodium" dalam angka informasi gizinya.

Disarankan untuk mengonsumsi roti yang per potongnya mengandung tidak lebih dari 170 miligram. Dengan demikian kamu bisa menjaga konsumsi garam lebih rendah bila memutuskan untuk makan lebih dari satu potong.

2. Keju

Produk susu seperti keju memang bagus untuk kesehatan karena mengandung vitamin D. Namun ingat jangan terlalu banyak mengonsumsinya karena rasa asin dalam keju datang dari penggunaan garam yang tinggi.

Garam digunakan dalam proses pembuatan keju supaya awet saat menjalani proses fermentasi. Garam akan mengendalikan kelembaban dan membunuh bakteri saat susu perlahan berubah menjadi keju.

3. Kue-kuean

Kamu pikir kue manis berarti tidak mengandung garam? Pikiran tersebut keliru karena nyatanya kue yang paling manis sekalipun dapat mengandung garam.

Kalau kamu ingin membuat kue dengan menggunakan adonan instan, selalu perhatikan berapa jumlah sodium/natrium yang terkandung di dalamnya.

4. Saus

Saus tomat atau saus sambal, coba deh perhatikan kandungan gizinya maka kamu bisa dengan mudah menemukan kalau ia mengandung garam. Nah artinya mulai sekarang coba kendalikan hasrat kamu bila ingin banyak-banyak menambah saus ke makanan.

5. Piza

Piza biasanya dibuat dengan adonan roti, keju, daging olahan, dan saus yang masing-masing bahannya saja sudah tinggi garam. Jangan heran kalau sepotong piza bisa memiliki sampai 800 miligram garam atau sekitar 35 persen kebutuhan harian tubuh.

Kalau mau menyantap pizza, sebaiknya pilih yang kejunya sedikit, lebih banyak sayur, dan tidak memakai daging olahan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});