Ini Nih 7 Manfaat Kol Ungu bagi Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Muchdi
Muchdi

Ini Nih 7 Manfaat Kol Ungu bagi Kesehatan dan Kebugaran Tubuh ilustrasi kol ungu ( Foto istimewa )

WinNetNews.com - Kubis atau kol berwarna ungu semakin mudah ditemui di pasar tradisional atau supermarket. Sayuran yang satu ini semakin populer dikonsumsi, tetapi tak banyak yang tahu manfaat kol ungu yang sesungguhnya bagi tubuh.

Dikutip dari situs Merdeka dari laman Boldsky, Sabtu (20/10/2018), kubis ungu kaya akan fitokimia, nutrisi, antioksidan, vitamin dan mineral yang terdiri dari thiamin, folat, kalsium, magnesium, mangan, riboflavin, zat besi, kalium, vitamin A, vitamin E, vitamin C, vitamin K dan vitamin B, serat serat makanan.

Satu porsi kol ungu (70 gram) mengandung 2 g serat, 216 mg potasium, 51 mg vitamin C, dan 993 IU vitamin A. Baik kol merah maupun hijau sebenarnya sama-sama bergizi dan baik untuk kesehatan.

Hanya saja kol merah mengandung vitamin A sepuluh kali lebih banyak. Dilansir Science Daily, Agricultural Research Service menemukan bukti bahwa kol ungu mengandung 36 jenis anthocyanin, sejenis flavonoid yang sangat baik bagi kesehatan manusia. berikut ini kami tampilkan aneka manfaat yang bisa didapat dari konsumsi kol ungu.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kol ungu kaya akan kandungan vitamin C, antioksidan penting yang berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C menstimulasi aktivitas sel darah putih, sehingga memperkuat sistem kekebalan dan melindungi dari kerusakan radikal bebas.

Dalam seporsi kol merah terkandung 51 mg vitamin C, sementara kol hijau hanya memiliki 37 mg vitamin yang sama.

2. Mencegah kanker

Sayuran ini memainkan peran utama dalam pencegahan kanker. Hal itu disebabkan karena tingginya tingkat antioksidan seperti indoles dan anthocyanin yang ada di dalamnya.

36 Jenis anthocyanin yang terkandung di dalamnya memberi kubis warna ungu. Sementara indoles berperan dalam menurunkan risiko kanker payudara pada wanita.

3. Membantu dalam penurunan berat badan

Mengkonsumsi kol ungu sangat baik untuk mereka yang sedang mencoba berdiet atau sekadar menjaga berat badan. Kol ungu sangat rendah kalori dan tinggi serat. Dengan demikian Anda akan merasa kenyang lebih lama. Nafsu makan pun jadi lebih terkendali.

Di sisi lain, serat pada kol ungu juga baik untuk mereka yang bermasalah dengan pencernaan. Bisa juga untuk membantu melancarkan buang air besar bagi penderita konstipasi ringan.

4. Mencegah arthritis dan peradangan

Menurut The Arthritis Foundation, kol ungu disarankan dikonsumsi setiap hari bagi pasien penderita arthritis. Sayuran ini mengandung fitonutrien yang dapat membantu menurunkan peradangan kronis. Kol ungu mengandung senyawa yang disebut sulforaphane. Kandungan ini merupakan pembunuh peradangan yang ampuh.

5. Mengobati bisul

Sejumlah besar asam amino yang disebut glutamin ditemukan di dalam kol ungu. Karena itulah sayuran ini sangat baik untuk menurunkan peradangan yang terkait dengan sakit maag. Jus kol ungu juga bisa digunakan sebagai obat rumahan untuk mengobati sakit maag.

6. Mengurangi risiko osteoporosis

Sayuran yang luar biasa ini dikemas dengan magnesium, mangan, kalsium dan mineral penting lainnya dan vitamin seperti vitamin K. Semua nutrisi ini diperlukan untuk pertumbuhan tulang yang optimal serta menjaga kepadatan mineral tulang.

Dengan konsumsi kol ungu secara teratur, risiko arthritis, osteoporosis, dan gangguan tulang lainnya bisa dikurangi.

7. Meningkatkan metabolisme

Metabolisme adalah mekanisme pengolahan kalori menjadi energi. Dan kubis merah atau ungu adalah salah satu sayuran yang akan membantu meningkatkan metabolisme Anda. Sayuran ini kaya akan vitamin B kompleks yang membantu dalam berfungsinya metabolisme dalam sel.

Jika Anda menderita hipertiroidisme disarankan agar Anda menghindari konsumsi kol ungu. Karena itu adalah sayuran cruciferous yang diketahui mempengaruhi kelenjar tiroid.

Demikian aneka manfaat kol ungu bagi kesehatan tubuh manusia. Anda bisa mengolah kol ungu sebagai campuran salad, campuran green juice, atau tumisan.

Apa Reaksi Kamu?