Ini Nih 8 Buah yang Sehat untuk Jantung

Muchdi
Muchdi

Ini Nih 8 Buah yang Sehat untuk Jantung Ilustrasi Pisang ( Photo  Herbalheal )

Winnetnews.com -  Penyakit jantung menyumbang hampir sepertiga dari semua kematian di seluruh dunia. Penyakit kardiovaskular ini berhubungan dengan pola makan atau diet yang sehat. Makan makanan dengan jumlah kalori yang tepat dan jumlah lemak adalah bagian penting dari merawat jantung.

American Heart Association menyarankan diet sehat salah satunya mengonsumsi buah-buahan. Buah memiliki segudang manfaat yaitu kaya vitamin dan nutrisi, terutama serat.

Mengonsumsi buah secara rutin membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah serta meningkatkan fungsi pembuluh darah--yang berkaitan dengan kesehatan jantung.

Berdasarkan penelitian, idealnya porsi konsumsi buah yang harus dimakan setiap hari sekitar lima cangkir. Porsi itu diklaim efektif menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung sebesar 28 persen dan risiko kematian dini sebesar 31 persen.

Berikut 8 buah yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan jantung.

1. Apel

8 Buah yang Berkhasiat untuk Kesehatan JantungApel mencegah penyakit jantung dan juga menurunkan kolesterol. (Pixabay/MarcoRoosink)

Apel dapat mengandung serat larut air (soluble fiber) yang dapat menurunkan tekanan darah, serta polifenol dan flavonoid yang dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol. Pilihlah buah apel yang masih segar, tidak bonyok atau terdapat memar.

2. Aprikot

Buah aprikot mengandung vitamin A, C, E, dan K serta memiliki banyak serat, kalium, dan karotenoid. Semua kandungan itu berkontribusi meningkatkan fungsi jantung. Vitamin C misalnya, melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas, sementara kalium menurunkan tekanan darah dengan melemaskan pembuluh darah dan arteri.

Anda bisa mengonsumsi buah aprikot sebagai topping pada sereal. Pilih buah aprikot yang segar dan berwarna oranye tua.

3. Pisang

8 Buah yang Berkhasiat untuk Kesehatan JantungPisang adalah salah satu buah yang bisa merawat kesehatan jantung Anda. (Samohin/Thinkstock)

Menurut penelitian, makan pisang setiap hari dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke. Pisang kaya akan vitamin B6, C, serat, magnesium, dan potassium yang bisa menghentikan penyumbatan, pengerasan, dan penyempitan pembuluh darah. Cara terbaik mengonsumsi pisang secara makan langsung tanpa diolah.

Apa Reaksi Kamu?