Ini Nih 9 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan
Ilustrasi Buah Pir ( Photo lesprivatsurabaya.net )

Ini Nih 9 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Minggu, 3 Nov 2019 | 10:40 | Muchdi

Winnetnews.com -  Pir merupakan salah satu buah favorit banyak orang. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, masih banyak manfaat buah pir untuk kesehatan yang dapat Anda nikmati.

Buah itu digemari karena mengandung banyak air yang menyegarkan. Buah pir dirasa paling cocok dikonsumsi saat cuaca sedang panas.

Tak hanya nikmat untuk dikonsumsi, buah berbentuk unik seperti lonceng ini juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut mengutip berbagai sumber.

1. Tinggi nutrisi

Pir merupakan buah yang kaya akan kandungan nutrisi seperti protein, karbohidrat, serat, serta vitamin C dan K. Kandungan kalori yang rendah pada pir juga menjadikan buah ini cocok untuk dikonsumsi saat sedang diet.

Mengutip Healthline, pir juga mengandung provitamin A, niacin, dan folat yang penting untuk menjaga fungsi sel dan menghasilkan energi. Sementara provitamin A membantu kesehatan kulit dan penyembuhan luka.

2. Meningkatkan kesehatan usus

Pir merupakan sumber serat yang baik. Satu buah pir berukuran sedang mengandung sekitar 6 gram serat atau 22% kebutuhan serat harian Anda. Hal ini membuat buah pir sangat baik untuk membantu pencernaan.

Pir juga mengandung prebiotik yang mampu menjaga kesehatan usus, meredakan sembelit, dan meningkatkan sistem pencernaan secara keseluruhan.

3. Mengandung senyawa bermanfaat

Beda warna, maka berbeda pula kandungan senyawa yang terkandung dalam buah. Misalnya, senyawa anthocyanin yang memberi warna merah pada pir disebut dapat meningkatkan kesehatan jantung serta memperkuat pembuluh darah.

Selain itu, pir berkulit hijau juga diperkaya dengan kandungan lutein dan zeaxanthin. Dua senyawa ini diperlukan untuk menjaga penglihatan agar tetap tajam.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...