Ini Nih Keren! Belanda Buat Rumah Terapung Anti Banjir

Ini Nih Keren! Belanda Buat Rumah Terapung Anti Banjir

Senin, 12 Sep 2016 | 11:10 | contributor-four

WinNetNews.com - Belanda merupakan salah satu negara dengan topografi unik, dimana garis permukaan air laut di sekitar negara tersebut lebih tinggi dari daratan. Bisa dikatakan Belanda merupakan negara yang daratannya berada di bawah permukaan air laut.

Dengan topografi yang unik tersebut, tentu saja membuat negara tersebut memiliki kendala umum yakni banjir akibat air laut yang pasang. Agar tidak berlarut-larut dalam masalah banjir, para pengembang properti di negara kincir angin tersebut menciptakan desain hunian unik yang anti banjir.

Salah satu proyek pembangunan properti yang sedang banyak diperbingcangkan saat ini adalah pembangunanrumahterapung di Waterbuurt.

Rumah-rumah yang dibangun dalam proyek ini menggunakan konstruksi beton sebagai penyangga struktur baja ringan. Dan agar beban bangunan tidak terlalu berat, material yang digunakan untuk struktur ruangan dan lantai adalah panel kayu.

image0

Keunikan dari rumah ini adalah tata letaknya. Kamar tidur dan kamar mandi berada di lantai bawah sedangkan ruang tamu ada di lantai atas.

Begitu juga dengan dapur dan ruang makan yang saling terintergrasi dengan teras terbuka. Selain itu, ukuran rumah ini tidak boleh melebihi 6,5m.

Sebanyak 18.000 bangunan akan dibagi menjadi beberapa peruntukan, termasuk fasilitas umum, seperti sekolah, toko, pusat rekreasi, dan restoran.

Di kutip dari theguardian, Mengulik sedikit tentang topografi Belanda yang kerap mengalami air pasang, negara ini pernah mengalami banjir yang cukup memprihatinkan dari tahun 1993 – 1995.

Rumah-rumah terapung ini tidak memiliki garasi mobil atau motor. Jadi, setiap penghuni menggunakan perahu untuk transportasi

Pada tahun tersebut, sedikitnya 200 ribu orang dievakuasi dari rumah mereka. Tidak hanya itu, ratusan hewan ternak dan tanaman pangan mati. Padahal, dunia tahu bahwa Belanda juga merupakan negara dengan hasil ternak dan tanaman pangan yang baik.

Pihak swasta dan pemerintah menilai bencana ini cukup krusial, hingga tercetuslah membuat proyek rumah mengambang di tahun 2001, selain juga membuat proyek miliaran dolar untuk membuat tanggul-tanggul penahan air.

image1

Sebenarnya proyek perumahan terapung ini bukanlah yang pertama kali di bangun di Belanda. Pada tahun 2005 silam, perumahan dengan konsep sejenis sudah pernah dibangn di Amsterdam dengan total rumah sebanyak 32 unit.

Melihat keberhasilan yang dicapai dari pengembangan proyek hunian terapung di Belanda, beberapa negara lain mulai meniru dan menerapkan konsep yang sama. Lalu, kira-kira apakah Indonesia akan mengadopsi ide ini? Tunggu saja!

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...