Ini Obat Alami Kolesterol yang Ada Disekitar Kita

Rusmanto
Rusmanto

Ini Obat Alami Kolesterol yang Ada Disekitar Kita ilustrasi
Winnetnews.com - Kolesterol tinggi adalah kondisi meningkatnya kolesterol dalam darah yang melampaui kadar normal. Penyakit yang mengintai penderita kolesterol tinggi biasanya seperti serangan jantung dan stroke. Ada beberapa obat kolesterol alami yang dapat ditemukan di dapur rumah.

Kolesterol dibutuhkan dalam tubuh untuk membangun sel-sel baru. Kolesterol membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D, menghasilkan asam empedu untuk mencerna lemak dan menghasilkan sejumlah hormon.

Kelebihan kolesterol bisa terjadi akibat mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, kurangnya olahraga, atau akibat faktor keturunan.

Untuk menurunkan kolesterol dapat kita gunakan bahan-bahan yang biasa kita temukan di dapur. Apa saja itu?

1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan populer yang digunakan untuk obat-obatan herbal. Bawang putih bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol secara alami. Caranya: makan tiga sampai empat siung setiap hari, jangan lupa banyak minum air untuk menghindari dehidrasi akibat zat diuretik yang terkandung dalam bawang putih.

2. Seledri

Seledri mampu menurunkan hipertensi dan kolesterol pada tubuh secara efektif. Didalam seledri terdapat kandungan ekstrak heksana yang mampu menurunkan tekanan darah. Kandungan metanol dan etanol di dalam seledri membuat sirkulasi darah meningkat sekaligus mengatasi peradangan pada pembuluh darah. Konsumsilah jus seledri sebanyak satu gelas sehari dapat menurunkan tekanan darah.

3. Biji Ketumbar

Kandungan asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, asam askorbat, dan asam stearat yang terkandung dalam biji ketumbar dapat mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Biji ketumbar dapat membantu menurunkan kolesterol jahat tanpa memengaruhi kolesterol baik.
Cara mengonsumsi biji ketumbar yaitu siapkan dua sendok teh bubuk biji ketumbar, kemudian campur dengan secangkir air dan direbus. Setelah mendidih kemudian disaring dan siap untuk diminum. Air ketumbar ini dapat diminum dua kali sehari.

Apa Reaksi Kamu?