(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ini Obat Alami Untuk Segala Jenis Penyakit Kulit

Oky
Oky

Ini Obat Alami Untuk Segala Jenis Penyakit Kulit Sumber : Istimewa

Winnetnews.com - Berbagai macam penyakit kulit seperti panu, kadas, dan kurap adalah sesuatu yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain dengan cara medis, masyarakat Indonesia sering kali mengandalkan obat penyakit kulit dari bahan alami.

Berikut adalah obat penyakit kulit alami yang bisa digunakan, antara lain:

Kudis dan gatal-gatal

Obat penyakit kulit alami ini hanya dilakukan untuk pengobatan luar. Caranya, ambil daun, kulit, batang, atau akar salam secukupnya. Cuci bersih, lalu giling halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan ke tempat yang gatal, kemudian dibalut dengan kasa.

Sedangkan jika penyakit kulit ini disertai luka, ramuan yang harus diracik adalah daun biduri dan minyak kelapa secukupnya. Oleskan daun biduri dengan minyak kelapa, lalu dilayukan di atas pengapian.

Kemudian daun ditempel ke bagian kulit yang luka atau gatal. Sebelum diobati, kulit yang luka dicuci dulu dengan air hangat atau alkohol 70 %.

Borok, luka, dan kutil

Olesi dengan getah buah jambu monyet atau jambu mete (Anarcadium occidentale L) selama beberapa hari sampai luka mengering. Sedangkan untuk pengobatan kutil, petiklah 5 lembar daun dewa, tumbuk daun hingga halus. Lumurkan daun yang telah halus pada tempat yang berkutil, buatlah sampai merekat, biarkan satu hari dan lepas keesokan harinya.

Bisul dan eksim

Obat kulit alami selanjutnya adalah menggunakan mahkota bunga teratai yang dibangkar. Abu hasil pembakarannya dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan bisul, eksim dan penyakit kulit lainnya. Sedangkan serbuk dan benang sari bunga teratai jika dicampur madu dan keju akan menjadi obat penyakit wasir.

Kudis pada anak-anak

Anak-anak yang terkena kudis dianjurkan mandi dengan rebusan air brotowali. Cara membuat air rebusannya: ambil batang brotowali sekitar 1 m, kemudian potong kecil-kecil, rebus dengan 4 liter air hingga mendidih, masukkan air rebusan ke dalam ember dan tambahkan air dingin. Mandikan anak sambil merendam tubuhnya.

Eksim

Obat alami penyakit kulit lainnya adalah menggunakan jahe. Parut rimpang jahe, lalu di peras. Kemudian campurkan dengan parutan lobak. Oleskan ramuan ke bagian kulit yang terkena eksim.

Panu dan koreng

Cara mengobati penyakit kulit alami lainnya adalah menggunkan lengkuas. Cara membuatnya: tumbuk halus rimpang lengkuas dengan bawang putih (perbandingan 1:4, 1 rimpang 4 bawang putih) hingga halus. Kemudian oleskan di tempat yang sakit. Bagi Anda yang memiliki kurap yang telah menahun, tambahkan ramuan tadi dengan cuka.

Kurap

Bawang putih adalah obat penyakit kulit alami yang dapat dengan mudah Anda dapatkan. Bawang putih bahkan bisa mengatasi masalah kulit sekitar kurap yang sering terkena efek perubahan warna. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengupas bawang putih.

Setelah itu usapkan pada bagian kurap secara langsung. Awalnya akan terasa perih namun efek ini tidak perlu dikhawatirkan. Anda juga bisa menempelkan irisan bawang putih ke bagian kurap selama beberapa jam.

Selain bawang putih, minyak zaitun juga sangat baik untuk mengobati kurap. Minyak zaitun mengandung bahan yang sangat baik untuk melawan infeksi dan jamur yang bisa tumbuh. Bahkan minyak zaitun juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh.

Cara perawatan dengan minyak zaitun yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun secara langsung ke bagian kulit yang terkena kurap. Setelah itu biarkan selama beberapa saat dan bersihkan dengan air hangat. Lakukan selama beberapa kali hingga bekas kurap tidak terlihat lagi.

Infeksi kulit

Gel lidah buaya adalah obat penyakit kulit alami yang ampuh dalam melawan jamur dan infeksi kulit. Selain itu gel lidah buaya juga bisa membantu menyembuhkan kurap serta menghaluskan kembali bekas kurap. Obat kulit alami ini sangat baik untuk menyembuhkan kurap di semua bagian. Anda bisa mencoba untuk menerapkan gel lidah buaya secara langsung tanpa kapas.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});