(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ini Pengusaha Berinisial R yang Terlibat 'Makelar Freeport'

Rani
Rani

Ini Pengusaha Berinisial R yang Terlibat 'Makelar Freeport'
WinNetNews.com - Ketua DPR RI, Setya Novanto mengakui pernah bertemu dengan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia. Meski demikian Novanto tetap membantah telah mencatut nama Presiden dan Wapres untuk memintah jatah saham di Freeport. Menurutnya, urusan saham di Amerika Serikat merupakan urusan tingkat tinggi sehingga dia tidak mungkin meminta saham.

Dilansir dari detik, Novanto menyebutkan bahwa pertemuan itu adalah pertemuan yang merupakan inisiatif dari Freeport. Ada dua pertemuan yang dijelaskan oleh Novanto. Pertemuan pertama pada tanggal 27 April 2015 dan yang kedua di tanggal 8 Juni 2015. Dalam pertemuan itu ada permintaan dukungan terkait perpanjangan izin pertambangan Freeport.

Kemudian, soal pengusaha berinisial R, Novanto menyebutkan bahwa pengusaha tersebut bernama Reza Chalid. Riza Chalid bernama lengkap Mohamad Riza Chalid dikenal sebagai saudagar minyak di Tanah Air. Novanto menyebutkan bahwa dirinya sengaja mengajak Riza.

"Saya memang ajak karena Pak Riza punya pemikiran sangat curiga kepada CEO (Presdir PTFI -red) yang begitu intens, pada keinginan CEO itu, karena pertemuan itu hal biasa, bukan serius," kata Novanto yang dihimpun dari situs detik.

Baca juga artikel: Isi Transkip yang Diduga Pembicaraan Skandal Freeport

Selain itu, menjelaskan bahwa Riza ingin agar Freeport tak sampai merugikan. Namun demikian tidak diketahui siapa yang pihak yang dirugikan dalam konteks ini, sebab Novanto tidak menjelaskan. Yang pasti, Riza bersikap tidak percaya kepada Maroef.

Setya Novanto yang merupakan Politikus Golkar ini menegaskan bahwa dia selalu berhati-hati dalam bertindak. Dia sadar posisinya sebagai pimpinan lembaga negara dan bahwa dia harus menjaga marwah DPR.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});