Ini Penjelasannya Kenapa Penis Sering "Bangun" di Pagi Hari

Rusmanto
Rusmanto

Ini Penjelasannya Kenapa Penis Sering "Bangun" di Pagi Hari ilustrasi

Winnetnews.com -  “Kenapa penis ereksi setiap bangun tidur, ya?” Para pria pasti sudah familiar dengan situasi saat terbangun di pagi hari dan menemukan penis Anda dalam keadaan ereksi. Para dokter menyebut penis yang ‘terbangun’ atau ereksi di pagi hari itu sebagai nocturnal penile tumescence (NPT).

Kondisi ereksi yang spontan dan disebut NPT itu terjadi saat tidur atau ketika Anda baru bangun. Dilansir IFL Science, semua pria dengan kondisi penis normal dan tidak mengalami impotensi akan mengalami ereksi selama tidur dan biasanya umum terjadi antara 3 sampai 5 kali.

Meski dalam beberapa tahun belakangan ada beberapa teori yang menjelaskan tentang NPT, tapi apa yang menjadi penyebabnya masih tetap belum jelas. Yang jelas NPT berkaitan dengan tidur REM (Rapid Eye Movement).

Kenapa penis ereksi saat kita tertidur?

Ada satu teori yang mengatakan bahwa saat berada dalam tahapan tidur REM, sel noradrenergik yang berada pada bagian otak yang disebut locus coeruleus, akan mati. Teori ini menduga bahwa sel ini berhubungan dengan pola penghambat pada penis. Sehingga, ketika sel ini tidak aktif di tahapan tidur REM, testosteron yang bergantung pada pola rangsangan akhirnya menghasilkan ereksi.

Studi yang dilakukan Society for Endocrinology juga mendukung teori di atas, di mana mungkin ada bagian dari otak yang mati saat tidur REM, sehingga ketika kita sedang tertidur, otak tidak lagi menjaga dan mengecek penis. Jika normalnya otak mengendalikan penis dan memastikan ereksi hanya terjadi ketika diperlukan, saat tidur REM justru penis bebas melakukan apa yang ia mau. Dan apa yang dia inginkan adalah mengeras atau ereksi.

Apa Reaksi Kamu?