Ini Penjelasannya Kenapa Sakit Kepala saat Perut Terasa Lapar
ilustrasi

Ini Penjelasannya Kenapa Sakit Kepala saat Perut Terasa Lapar

Selasa, 9 Jul 2019 | 20:59 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Banyak yang mengira bunyi perut keroncongan itu tanda lapar. Namun selain itu, beberapa orang terkadang juga merasakan sakit kepala yang cukup hebat ketika belum makan atau melewatkan jadwal makannya. Kok bisa, ya, mengalami sakit kepala saat sedang lapar?

Apa penyebab sakit kepala saat lapar?

image0

Tubuh membutuhkan persediaan energi yang cukup sebagai bahan bakar guna mendukung segala aktivitas fisik. Idealnya, sumber makanan menyediakan sejumlah energi yang bisa langsung digunakan maupun disimpan terlebih dahulu oleh tubuh.

Ketika Anda belum makan sama sekali, atau terakhir makan beberapa jam yang lalu, otomatis persediaan dan cadangan energi di dalam tubuh menurun. Kondisi ini tentu akan membuat kadar gula darah menurun. Padahal, gula darah diandalkan sebagai sumber energi dari berbagai sel-sel tubuh.

Jika kadar gula atau glukosa darah ini merosot sampai di bawah 70 mg/dL, artinya Anda mengalami hipoglikemia.  Hal ini membuat otak otomatis melepaskan hormon, karena merasa persediaan gula darah dan energi di dalam tubuh sudah mulai menipis.

Tak cuma menjadi tanda lapar, munculnya hormon ini membuat tekanan darah meningkat, pembuluh darah menyempit, hingga membuat otot menegang. Semua kondisi tersebut yang akhirnya menyebabkan rasa sakit kepala muncul saat sedang lapar.

Maka itu, sebaiknya jangan sampai Anda telat makan atau bahkan tidak mengisi perut sama sekali. Kebiasaan tersebut akan menyebabkan hipoglikemia dan akhirnya sakit kepala pun menyerang.

Tanpa sadar, hal tersebut juga dapat memicu sakit kepala kambuh kembali saat sedang lapar. Bahkan, kelaparan terkadang bisa membuat sebagian orang mengalami migrain.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...