Ini Penyababnya Perut Mulas Setelah Makan Pedas
ilustrasi

Ini Penyababnya Perut Mulas Setelah Makan Pedas

Sabtu, 8 Jun 2019 | 11:12 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Bagi Anda penggemar cabai, mungkin sesekali pernah mengalami sakit perut atau merasa mulas setelah makan makanan pedas. Padahal, Anda merasa itu adalah makanan sehari-hari dan sudah biasa. Lantas, apa yang menyebabkan seseorang sakit perut setelah menyantap makanan pedas?

Apa penyebab perut terasa sakit setelah makan pedas?

Sensasi mulas atau sakit perut setelah makan pedas biasanya muncul karena Anda makan terlalu banyak cabai. Akibatnya, pencernaan Anda pun menjadi terganggu.

Senyawa yang terkandung dalam makanan pedaslah yang menjadi penyebab rasa mulas atau sakit perut yang Anda alami.

Capsaicin adalah senyawa kimia aktif yang memberikan rasa pedas pada cabai. Setiap jenis cabai memiliki jumlah capsaicin yang berbeda.

Semakin banyak jumlah capsaicin pada cabai yang digunakan, semakin tinggi pula tingkat kepedasan suatu makanan.

Saat bersentuhan dengan lidah, dinding kerongkongan, atau dinding lambung, molekul capsaicin akan berikatan dengan reseptor saraf yang menangkap sinyal nyeri.

Sinyal ini kemudian diteruskan menuju otak, lalu diartikan sebagai rasa sakit dan sensasi terbakar.

Ketika senyawa ini sampai di lambung, lambung merespons keberadaan capsaicin dengan memproduksi lendir yang melindunginya dari iritasi.

Akan tetapi, jika paparan capsaicin terlalu banyak atau sering, efektifivitas dari lendir itu pun akan berkurang. Akibatnya, mekanisme ini tak lagi ampuh mencegah iritasi pada dinding lambung. Akibatnya, Anda merasa mulas.

Tak perlu dalam jumlah banyak, paparan capsaicin dalam jumlah sedikit ternyata juga bisa memicu kondisi ini pada oran yang sudah memiliki masalah pencernaan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...