Ini Penyebab Wanita Mudah Alami Depresi
ilustrasi

Ini Penyebab Wanita Mudah Alami Depresi

Minggu, 20 Okt 2019 | 18:38 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Dari sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2015, wanita dianggap lebih rentan mengalami depresi daripada pria. Bahkan, risiko wanita mengalami depresi dua kali lebih besar dari wanita. Dengan risiko yang cukup besar ini wanita akan mengalami masalah yang cukup serius sehingga mereka atau pasangan harus lebih waspada.

Alasan Wanita Mudah Depresi

Nah, ternyata risiko wanita mengalami depresi lebih hebat dari pria tidak terjadi begitu saja tanpa sebab. Ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan wanita mengalami depresi. Berikut beberapa faktor risiko yang harus lebih diwaspadai oleh wanita.

1. Rutin Mengalami Menstruasi

Setiap bulan wanita akan mengalami menstruasi secara rutin. Setiap akan mengalami menstruasi wanita akan mengalami PMS dengan efek yang bervariasi. Ada wanita yang tidak begitu menderita dengan PMS dan tetap bisa menjalankan kegiatan sehari-harinya. Namun, tidak sedikit dari wanita yang merasa menderita dengan kondisi ini.

PMS yang terjadi pada wanita menyebabkan banyak sekali masalah mulai dari perasaan tidak nyaman, sering berubah perasaan hatinya, merasa cemas, dan akhirnya menyebabkan wanita mengalami depresi. Saat wanita mengalami PMS, mereka disarankan untuk lebih sering berkomunikasi atau bergaul agar tidak merasa sendiri.

2. Bisa Mendapatkan Kehamilan

Wanita yang hamil akan mengalami perubahan hormon di dalam tubuhnya. Perubahan hormon ini menyebabkan emosi dari wanita berubah sehingga tidak sedikit dari mereka yang mengalami depresi atau stres yang berlebihan.

Wanita yang sedang hamil tidak diperbolehkan mengalami stres yang berlebihan. Kalau wanita mengalami stres sepanjang hamil, kemungkinan terjadi masalah pada janin akan terjadi. Jadi, suami harus bisa membuat suasana hati dari pasangannya agar terus stabil setiap saat.

3. Mengalami Menopause

Masalah hormonal selalu menjadi isu yang cukup serius pada wanita. Naik dan turunnya estrogen bisa membuat wanita mengalami gangguan suasana hati sehingga kemungkinan alami depresi cukup besar.

Saat wanita mulai tua, mereka akan mengalami menopause. Nah, menjelang menopause ini penurunan estrogen terjadi cukup besar. Penurunan ini menyebabkan wanita mengalami depresi yang sangat kuat dan perlahan-lahan hilang saat wanita mencapai fase menopause sempurna.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...