Ini Perbedaan Eksim dengan Infeksi Jamur
ilustrasi

Ini Perbedaan Eksim dengan Infeksi Jamur

Jumat, 7 Jun 2019 | 12:01 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Ada banyak sekali penyakit yang menyerang kulit. Nah di antaranya, eksim dan infeksi kulitlah yang paling umum. Keduanya punya gejala mirip sehingga masih banyak orang yang menganggap sama. Faktanya, tidak. Eksim dan infeksi jamur kulit tidak sama.

Beda eksim dan infeksi jamur dari penyebabnya

Infeksi jamur

Ada banyak jenis infeksi jamur yang bisa menyerang kulit manusia. Namun, candidiasis merupakan jenis infeksi jamur yang paling sering terjadi. Penyebab utama dari penyakit ini adalah jamur Candida albicans.

Sebenarnya, jamur ini hidup di seluruh permukaan tubuh Anda. Nah, ketika pertumbuhannya tidak terkendali, barulah ia akan menyebabkan infeksi. Selain kebersihan diri yang kurang baik, pertumbuhan jamur di kulit juga bisa dipicu karena aktivitas dan masalah kesehatan tertentu.

Bagian-bagian kulit yang lembap, hangat, dan basah seringkali memicu jamur untuk tumbuh secara tidak terkendali. Lokasi ideal bagi jamur untuk tumbuh, di antaranya ruang antara jari-jemari tangan dan kaki, lipatan kulit, di bawah payudara, selangkangan dan paha bagian dalam, ketiak, hingga area genital.

Eksim

Eksim, juga disebut dermatitis atopik adalah penyakit kulit yang biasanya muncul sejak usia anak-anak. Penyebab eksim sampai saat ini belum diketahui secara pasti.

Namun, para peneliti mengaitkan faktor genetik dan lingkungan sebagai faktor penyebab penyakit kulit satu ini. Selain itu, dermatitis atopik juga cenderung muncul pada orang-orang yang memiliki alergi atau asma.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...