(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ini Profil Petinggi Huawei yang Ditangkap Kanada Atas Permintaan AS

Rusmanto
Rusmanto

Ini Profil Petinggi Huawei yang Ditangkap Kanada Atas Permintaan AS istimewa

WinNetNews.com - Meng Wanzhou, CFO Huawei menjadi sorotan dunia saat ini. Petinggi perusahaan itu ditangkap pihak berwenang Kanada atas permintaan Amerika Serikat (AS).

Penangkapan ini tidak biasa, sebab dikhawatirkan mempengaruhi hubungan antara AS dan China yang saat ini 'gencatan senjata' perang dagang.

Siapakah Meng Wanzhou?

Meng Wanzhou merupakan anak pendiri Huawei, Ren Zhengfei dari pernikahan Meng Jun. Ren Zhengfei merupakan mantan perencana militer China. Meng Wanzhou lahir di Chengdu, Provinsi Sinchuan pada 1972.

Mengutip laman Huawei, Sabtu (8/12/2018) Meng merupakan lulusan Huazhong University of Science and Technology. Dia bergabung dengan Huawei tahun 1993. Sejak bergabung, Meng tercatat menduduki sejumlah posisi strategis.

Posisi itu antara lain, Direktur Departemen Akuntasi Internasional, CFO Huawei Hong Kong, Presiden Departemen Akuntansi, dan saat ini menjabat CFO Huawei.

Sejumlah terobosan telah dilakukan Meng. Pada tahun 2003, Meng mendirikan organisasi keuangan terpadu global Huawei, mengembangkan struktur organisasi standar, sistem keuangan dan platform IT.

Pada tahun 2005, dia memimpin berdirinya sejumlah pusat layanan bersama di dunia dan mempromosikan penyelesaian pusat pembayaran di Shenzhen, China. Pusat-pusat ini meningkatkan efisiensi akuntansi dan kualitas pemantauan Huawei.

Di tahun 2007, Meng bertanggungjawab atas program Integrated Financial Services (IFS) yakni program kerja sama antara Huawei dan IBM.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Ini Profil Bos Huawei yang Ditangkap di Kanada"

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});