Ini Suhu Tubuh Manusia Normal, Bukan 37 Derajat Celcius Lagi
ilustrasi

Ini Suhu Tubuh Manusia Normal, Bukan 37 Derajat Celcius Lagi

Senin, 13 Jan 2020 | 18:06 | Rusmanto
Winnetnews.com - Jika kita membicarakan tentang suhu tubuh normal manusia, maka hal pertama yang terpikirkan adalah 37 derajat Celcius. Hanya saja, hal ini ternyata sudah berubah. Sebagai bagian dari evolusi sejak abad ke-19, suhu tubuh normal manusia ternyata juga mengalami perubahan. Lantas, seberapa banyak sih suhu tubuh manusia yang normal di masa kini?

Suhu Tubuh Normal Manusia

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal eLife pada 2020 ini, para peneliti dari Stanford University melibatkan sekitar 35 ribu orang yang ada di Inggris. Hasilnya adalah, suhu tubuh manusia normal kini hanya 36,6 derajat Celcius. Suhu ini tentu sedikit lebih rendah dari suhu normal sebelumnya.

“Terdapat perbedaan dari hasil pengukuran suhu tubuh di abad ke-19 dan di masa kini. Terjadi perubahan fisisologis pada tubuh manusia sebagai efek evolusi sejak revolusi industri,” ucap salah satu peneliti yang terlibat.

Dalam penelitian ini, setidaknya 250 ribu pengukuran suhu tubuh lewat mulut dilakukan. Selain itu, beberapa data juga dikumpulkan, seperti dari para veteran tentara sekutu saat perang dunia pada 1862 hingga 1930 dan data dari riset kesehatan nasional AS yang dilakukan pada 1971 hingga 1975.

Data terakhir yang dicek adalah yang berasal dari Stanford Translational Research Integrated Database Environment. Data ini diambil dari tahun 2007 hingga 2017 dengan total lebih dari 677 ribu proses pengukuran suhu dilakukan.

Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi suhu tubuh manusia seperti aktivitas fisik, sistem metabolisme tubuh, dan kondisi kesehatan saat pengukuran. Berbagai faktor ini juga diperhitungkan oleh para peneliti.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...