Ini Syarat agar Sanksi Pembekuan Lion Air Dicabut

Rani
Rani

Ini Syarat agar Sanksi Pembekuan Lion Air Dicabut

WinNetNews.com - Maskapai penerbangan Lion Air dikomplain pelanggan karena banyak melakukan delay. Tak hanya itu, aksi mogok pilot Lion Air yang sebelumnya telah terjadi, mengakibatkan maskapai ini diberi sanksi 6 bulan tak diberikan izin rute baru.

Staf khusus Menhub, Hadi Djurain, menyebut pembekuan izin ini diberikan hingga Lion Air bisa memiliki prosedur pencegahan (SOP) delay pesawat, dan prosedur tersebut diimplementasikan di lapangan. Pasalnya delay pada maskapai Lion Air ini sudah sering kali terjadi.

Sanksi terkait delay itu sebenarnya sudah diberikan pada Februari 2015, di mana Lion mengalami delay berkepanjangan saat peak season hari raya Imlek.

Baca juga: Banyak Bikin Masalah, Lion Air Lawan Sanki dari Kemenhub

Hadi juga mengungkapkan bahwa pembekuan baru dicabut sekitar empat bulan kemudian, setelah manajemen Lion beberapa kali mempresentasikan SOP delay management ke Kemenhub, dan setelah dicek pelaksanaannya di lapangan.

Dan pada 2016 ini kembali terulang peristiwa serupa dan sanksi kembali diberikan. "Karena ini menyangkut keselamatan, keamanan dalam arti luas, dan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa penerbangan," Tegas Hadi.

Apa Reaksi Kamu?