Ini Tiga Titik Rawan di Jalur Mudik 2018

Cindy Cesilia
Cindy Cesilia

 Ini Tiga Titik Rawan di Jalur Mudik 2018 Foto:Ilustrasi

WinNetNews.com- Jelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat Indonesia mayoritas akan melakukan mudik atau pulang kampung.  Dikutip dari berbagai sumber yang ada, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebutkan ada tiga titik rawan di jalur darat yang perlu diwaspadai selama mudik Lebaran 2018.

"Ada tiga titik darat yang perlu diwaspadai. Pertama itu persimpangan pantura dan pansela yang kalau enggak dikasih aba-aba pemudik itu bisa bablas," kata Moeldoko.

Oleh karena itu, pemerintah akan memasang billboard elektrik di persimpangan tersebut sebagai penanda bagi para pemudik agar bisa memilih jalur pantai utara (pantura) atau pantai selatan (pansela) Pulau Jawa.

Titik kedua yang harus diwaspadai pemudik adalah Jembatan Kali Kuto yang membentang di Tol Batang-Semarang, Jawa Tengah. "Berikutnya, titik macet ada di Jembatan Kali Kuto karena di situ jembatannya baru selesai H-2. Pemudik yang lebih awal berangkat akan dikeluarkan sedikit 500 meter oleh Polantas sehingga akan terjadi kemacetan," lanjut Moeldoko.

Titik ketiga yang harus diwaspadai pemudik adalah ruas jalan penghubung tol operasional ke tol fungsional atau dari ruas Tol Semarang-Solo ke ruas Tol Solo-Ngawi seksi Kertosuro-Sragen.

"Di situ ada perpindahan kecepatan dari 100 kilometer per jam ke 40 kilometer per jam, jadi mungkin akan ada perlambatan," kata Moeldoko.

Apa Reaksi Kamu?