Ini Upaya Jasa Marga Hindari Penumpukan Kendaraan di Tol
ilustrasi

Ini Upaya Jasa Marga Hindari Penumpukan Kendaraan di Tol

Senin, 7 Mei 2018 | 14:04 | Rusmanto

WinNetNews.com - PT Jasa Marga memastikan penanganan kendaraan di jalan tol saat mudik Lebaran tahun ini akan lebih baik lagi. 

Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani menjelaskan, salah satu permasalahan yang terjadi saat mudik tahun lalu yaitu adanya penumpukan kendaraan yang akan masuk ke kawasan rest area sampai menghambat jalur utama.

"Terakhir yang kita coba tingkatkan adalah mengubah catatan tahun lalu yaitu rest area. Resta area tahun lalu betapa masyarakat sangat menyerbu rest area sehingga antrean nya itu panjang dan mengganggu main road. Ini kita coba menata penggunaan rest area, kita menambah mobile-mobile toilet," kata dia di kantor nya saat persiapan apel siaga persiapan Mudik Lebaran 2018, Senin (7/5/2018).

PT Jasa Marga akan menata rest area agar para pemudik yang hanya perlu toilet tidak harus berhenti di rest area. Terdiri dari beberapa area, seperti kawasan tempat makan, tempat ibadah, sampai kawasan toilet dibedakan jalur nya.

"Kita melakukan zoning dari area traffic. Jadi jangan melawan zoning. Jadi kalau mau makan lewat sini, kalau mau ke toilet atau shalat lewat sini. Jadi jangan seenaknya di rest area. Kita akan detailkan di mana saja ada rest area kita akan petakan melalui sosial media. 

Rest area ada tiga macam yang pertama adalah rest area di ruas-ruas lama. Seperti Jakarta-Cikampek, Palimanan-Kanci, Purbaleunyi itu ruas- lama. Itu kan demikian crowded," kata dia.

Adapun pihaknya memprediksi puncak arus mudik Lebaran terutama di jalur Jakarta-Cikampek akan terjadi pada H- 6. tepatnya pada tanggal 9 Juni 2018 puncak arus mudik akan terjadi di beberapa ruas jalan, terutama di Jalur Jakarta-Cikampek. 

Diprediksi jumlah kendaran yang akan masuk ke jalur Jakarta-Cikampek yaitu sekitar 112.000 kendaraan per hari dari jumlah kendaraan yang masuk di hari normal yaitu sekitar 70.000-75. 000 kendaraan. (detikcom)
 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...