Ini Vitamin dan Mineral yang Bisa Naikkan Kadar Trombosit Darah

Rusmanto
Rusmanto

Ini Vitamin dan Mineral yang Bisa Naikkan Kadar Trombosit Darah ilustrasi
Winnetnews.com -  Trombosit (platelet) adalah sel yang membantu proses pembekuan darah dalam tubuh. Tubuh yang kekurangan trombosit riskan mengalami berbagai masalah kesehatan dalam jangka panjang. Kondisi ini dikenal dengan nama trombositopenia. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Mengingat begitu penting fungsi keping darah yang satu ini, tidak ada salahnya untuk coba menaikkan trombosit secara alami lewat asupan makanan sehari-hari.

Sumber nutrisi terbaik untuk menaikkan trombosit darah

Membiasakan makan makanan tinggi vitamin dan mineral nyatanya dapat membantu tubuh untuk memproduksi sekaligus mempertahankan jumlah trombosit tetap normal dalam darah. Lantas, apa aja yang perlu kita penuh setiap hari?

Folat

Folat (vitamin B9) berperan penting untuk memproduksi sel darah merah normal dan mencegah anemia.

Anda bisa memperoleh folat dari makan kacang-kacangan, jeruk segar, hati sapi, asparagus, buncis, dan sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam dan kubis.

Zat besi

Sama seperti folat, zat besi juga mendukung fungsi tubuh untuk menghasilkan sel-sel darah merah baru. Pilihan makanan seperti kerang, daging sapi, kacang-kacangan, hati sapi, biji labu, coklat hitam (dark chocolate), serta tahu bisa membantu Anda menaikkan trombosit yang terlalu rendah.

Vitamin B12

Vitamin B12 juga turut serta membantu fungsi tubuh untuk memproduksi sel darah merah baru.

Sumber makanan yang mengandung vitamin B12 sebagian besar berasal dari makanan hewani seperti hati sapi, daging sapi, telur, ikan, kerang, susu almond, dan susu kedelai. Jika Anda vegetarian atau vegan, Anda bisa mendapatkan vitamin B-12 dari:

  • Sereal gandum fortifikasi B-12
  • Produk susu nabati, seperti susu almond atau susu kedelai yang sudah difortifikasi (ditambah B-12 dalam proses pembuatannya)
  • Suplemen

Apa Reaksi Kamu?