Ini Yang Dilakukan Ahok, Terkait Pasar Senen Yang Terbakar

Oky

Dipublikasikan 5 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Ini Yang Dilakukan Ahok, Terkait Pasar Senen Yang Terbakar
sumber foto : merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Winnetnews.com - Gubernur DKI Jakarta (nonaktif), Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa disapa Ahok, menyesalkan kembali terjadinya kebakaran di kawasan Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2017). Terlebih, hingga sore api masih sulit untuk dipadamkan.

Ahok menilai, api menjadi sulit untuk dipadamkan lantaran banyak sekali pedagang yang menumpuk stok barang dagangannya di kios hingga menjadikannya seperti gudang. Padahal, kata dia, kebiasaan seperti itu sebenarnya telah menyalahi konsep pasar.

“Jadi konsep pasar memang saya sudah sampaikan tidak boleh orang menumpuk toko itu untuk gudang, karena konsep pasar itu sebenarnya untuk dagang. Barang-barang tidak boleh tumpuk terlalu banyak. Sekarang kita setengah mati memadamkannya,” Ujar Ahok usai menghadiri acara bedah buku ‘A Man Called Ahok’, di Hotel Santika, Jalan Hayam Wuruk, Taman Sari, Jakarta Barat.

Kebakaran di Pasar Senen yang terjadi sejak subuh me mbakar habis blok 1 dan 2. Cagub petahana nomor urut dua itu mengaku khawatir api merembet ke blok 3 yang baru dibangun oleh PD Pasar Jaya. Blok itu sebelumnya pun pernah terbakar pada 2014.

“Itu yang kami khawatir nyamber ke blok 3, blok barunya Pasar Jaya. Nah tapi sekarang saya enggak bisa merintah apa-apa kepada Dirut Pasar Jaya. Tapi sebagai gubernur nonaktif saya sudah kontak mereka,” ujarnya. Selain telah menghubungi Direktur Utama PD Pasar Jaya, Ahok juga menghubungi Dirut Pembangunan Sarana Jaya. Namun komunikasi yang dia bangun hanya sebatas memberikan masukan.

“Saya enggak berhak perintah lah. Saya hanya kasih masukan. Tidak boleh orang memiliki 5-10 kios dan setengahnya dibuat untuk gudang. Ini yang bahaya. Kita harus adil,” imbuhnya seraya mengusulkan yang paling dibutuhkan sekarang adalah tempat penampungan sementara.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...