Ini yang Dilakukan Marvel Usai Terancam Kehilangan Hak Cipta Avengers
Foto: FILMGRAB

Ini yang Dilakukan Marvel Usai Terancam Kehilangan Hak Cipta Avengers

Senin, 27 Sep 2021 | 07:38 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Marvel mengajukan lima tuntutan hukum, pada Jumat (24/9), sebagai usaha untuk menghalangi ahli waris pembuat komik yang akan mengambil alih hak cipta sejumlah karakter populer, seperti Spider-Man, Iron Man, Thor, Black Panther, Doctor Strange, Captain Marvel, Ant-Man, hingga Black Widow.

Langkah ini diambil setealh ahli waris dari lima penulis komik Marvel mengajukan pemberitahuan penghentian ke Kantor Hak Cipta AS. Jika berhasil, maka studio harus memberikan bayaran kepada mereka terkait penggunaan karakter-karakter tersebut.

Melansir Variety, pemberitahuan penghentian itu diajukan oleh Marc Toberoff, seorang pengacara hak cipta veteran. Dia menyebutkan bahwa penulis Marvel telah menghasilkan waralaba multi-miliar dolar, dan ahli waris berhak mendapat bagiannya.

“Ini adalah rahasia gelap industri buku komik, jika bukan sekarang seluruh industri hiburan, karena ledakan waralaba superhero ini. Ini tentang hak artis. Ini benar-benar tentang ketidakadilan,” ujar Marc Toberoff.

Dia mewakili Larry Lieber, saudara laki-laki Stan Lee dan salah satu pencipta Thor, Iron Man, dan Ant-Man; serta harta kekayaan Steve Ditko (Spider-Man, Dr. Strange), Don Heck (Iron Man, Black Widow, Hawkeye), Don Rico (Black Widow), dan Gene Colan (Captain Marvel, Falcon, Blade).

Dalam tuntutannya, Marvel menyebutkan bahwa karakter dibuat di bawah pengaturan “pekerjaan untuk disewa” dan ahli waris tidak memiliki klaim yang sah atas hak cipta. Pengacara mereka, Daniel Petrocelli mengatakan, lima kasus baru menghadirkan “keadaan yang hampir identik”.

“Karena ini adalah karya yang dibuat untuk disewa dan dimiliki oleh Marvel, kami mengajukan tuntutan hukum ini untuk mengonfirmasi bahwa pemberitahuan penghentian tidak sah dan tidak memiliki kekuatan hukum,” tuturnya.

Marvel mengajukan gugatan di New York dan Los Angeles terhadap Lieber, Patrick S. Ditko, Michelle Hart-Rico dan Buz Donato Rico III, Keith A. Dettwiler, Nanci Colo, serta Erik Nolan. Patrick adalah saudara dari Steve Ditko. Sedangkan Solo dan Colan merupakan anak dari Gene Colan.

Kemudian Dettwiler adalah keponakan dari Don Heck, lalu Hart-Rico dan Rico III adalah pewaris Don Rico.

Marvel saat ini sedang mencari pernyataan bahwa mereka memegang hak cipta yang valid untuk karakter yang tengah disengketakan. Perusahaan tidak menutut ganti rugi apa pun.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...