Ini yang Membuat Kuku Jari Tangan Lebih Cepat Tumbuh
ilustrasi

Ini yang Membuat Kuku Jari Tangan Lebih Cepat Tumbuh

Senin, 13 Jan 2020 | 06:45 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Salah satu kegiatan yang biasa kita lakukan hampir setiap minggu adalah memotong kuku. Tak hanya membuatnya menjadi lebih rapi, memotong kuku juga bisa mencegah kuku patah atau risiko tercakar tanpa sengaja. Hanya saja, jika dicermati, kuku jari tangan cenderung lebih cepat tumbuh dibandingkan dengan kuku jari kaki. Apa penyebab dari hal ini?

Penyebab Kuku Jari Tangan Tumbuh Lebih Cepat

Kita bisa memotong kuku setiap seminggu sekali atau beberapa hari sekali, namun khusus untuk kuku kaki, bisa saja kita baru memotongnya setiap beberapa minggu. Sebelum membahas tentang perbedaan pertumbuhan kuku ini, kita sebaiknya memahami bagaimana cara kuku tumbuh terlebih dahulu.

Sebagaimana tulang dan gigi, kuku cenderung lebih keras dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Hal ini disebabkan oleh kadar cairan di dalam bagin tubuh ini yang sangat minim. Sementara itu, sebagian besar pembentuk kuku adalah protein berjenis keratin yang sebenarnya bisa ditemukan di dalam rambut dan juga kulit.

Di bagian bawah kulit, tepatnya di bagian jari, terdapat semacam kantong kecil yang dikenal sebagai matriks kuku. Di bagian inilah sel-sel baru kuku dibentuk. Sel-sel ini akan terus mendorong sel-sel kuku yang sudah lama dan mengeras sehingga membuat kuku terus tumbuh dan memanjang.

Jika kita mengecek di bagian pangkal kuku, terdapat bagian putih yang disebut sebagai lunula. Bagian inilah yang sebenarnya adalah sel-sel baru kuku yang akan terus mendorong sel-sel kuku lama.

Pakar kesehatan menyebut pertumbuhan kuku jari tangan bisa sampai tiga kali lebih cepat jika dibandingkan dengan kuku jari kaki. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul American Academy of Dermatology, disebutkan bahwa setiap hari kuku jari tangan tumbuh sekitar 0,1 mm. Di setiap bulan, pertumbuhannya sekitar 3 mm. Hanya saja, terkadang pertumbuhan kuku ini bisa lebih cepat pada sebagian orang.

Satu hal yang pasti, pertumbuhan kuku jari tangan cenderung lebih cepat dari jari kaki. Hal ini disebabkan oleh letak jari tangan yang lebih dekat dengan jantung. Dampaknya adalah sirkulasi darah menuju jari tangan tentu akan lebih cepat dibandingkan dengan yang menuju ke jari kaki.

Faktor lain yang bisa mempengaruhi pertumbuhan kuku adalah usia. Pakar kesehatan menyebut kuku orang dewasa cenderung tidak tumbuh secepat kuku anak-anak. Selain itu, di musim panas, kuku juga cenderung lebih cepat tumbuh dibandingkan dengan saat musim hujan atau di suhu yang jauh lebih rendah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...