Ini yang Membuat Mata Jadi Kedutan
ilustrasi

Ini yang Membuat Mata Jadi Kedutan

Selasa, 4 Agt 2020 | 14:26 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Penyebab mata kedutan yang mungkin kebanyakan orang ketahui karena kelelahan akibat menatap layar komputer atau smartphone. Namun, ternyata ada banyak penyebabnya yang jarang disadari! Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Mata Kedutan

Blepharospasm atau mata kedutan adalah kejang pada otot-otot kelopak mata yang berulang dan terjadi secara mendadak. Kedutan biasanya terjadi di kelopak atas, tetapi juga bisa terjadi di kelopak atas dan bawah. Ini dapat disebabkan oleh gaya hidup hingga gangguan kesehatan secara fisik dan mental.

Berikut ini adalah sejumlah penyebab mata kedutan:

1. Mata Kering

Penyebab mata berkedut adalah karena kurangnya kelembapan di mata sehingga terjadilah mata kering. Kondisi ini dapat disebabkan oleh penguapan air mata yang berlebihan atau aliran air mata yang tidak cukup. Aliran air mata secara alami memberikan pelumasan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kenyamanan mata.

Mata kering dapat menyebabkan kemerahan, sensasi terbakar, atau perasaan gatal yang biasanya dapat diatasi dengan obat tetes mata, sedangkan mata kering kronis mungkin memerlukan perawatan dari dokter. Maka dari itu, konsultasikan dengan dokter mata jika masalah pada mata berlanjut.

2. Kurang Tidur

Kelelahan yang diakibatkan kurang tidur bisa menimbulkan berbagai masalah pada tubuh, termasuk mata berkedut. Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa yang berusia antara 26 dan 64 tahun membutuhkan minimal 6 jam tidur setiap malam, meskipun yang disarankan selama 7-9 jam.

Selain penyebab mata kedutan secara langsung, gangguan mental atau stres juga dapat menyebabkan kesulitan untuk tidur alias insomnia, yang pada akhirnya dapat menyebabkan mata berkedut berlebihan atau kronis. Jika mengalami kesulitan tidur, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan penyebab dan cara mengatasinya.

3. Stres

Stres mungkin juga menjadi salah satu penyebab mata berkedut paling umum. Stres muncul dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan merupakan kondisi mental yang bisa kita kontrol. Meskipun cenderung masalah mental atau emosional, stres pada akhirnya menyebabkan gangguan fisik, salah satunya mata berkedut.

Cara mengurangi stres bisa dilakukan sendiri atau bersama teman, termasuk dengan melakukan yoga, latihan pernapasan, bermain bersama teman atau hewan peliharaan, atau mungkin menghabiskan waktu untuk bersantai.

4. Alkohol

Jika mengalami mata berkedut setelah minum minuman beralkohol, sebaiknya segera berhenti atau hindari meminumnya karena minuman inilah yang menjadi penyebab mata kedutan.

Minum alkohol secara berlebihan menyebabkan kelopak mata berkedut terkait dengan sifat rileks alkohol selain fakta bahwa minum alkohol berlebihan mengakibatkan dehidrasi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...