Ini yang Membuat Napas Bau Usai Makan Jengkol dan Petai
ilustrasi

Ini yang Membuat Napas Bau Usai Makan Jengkol dan Petai

Selasa, 23 Jul 2019 | 13:50 | Rusmanto
Winnetnews.com - Perihal makan petai dan jengkol bikin bau napas, sudah menjadi risiko sendiri bagi para pecinta kuliner berbahan dasar biji-bijian ini. Meski demikian, rasa nikmat serta gurih dari jengkol dan petai, tetap punya porsi sendiri bagi para pecintanya. Lalu, apa sih penyebab jengkol dan petai bikin napas dan urin jadi bau?

Kenapa makan petai bikin bau?

Petai memiliki bahasa latin parkia speciosa, banyak ditemukan di negara-negara Asia Tenggara, tak terkecuali di Indonesia. Salah satu jenis biji-bijian dengan bentuk seperti permen ini, belum mengeluarkan bau menyengatnya ketika masih dalam keadaan mentah. Tapi, setelah Anda memakannya, siap-siap bau tidak sedap akan keluar sering dengan napas dan urin Anda.

Lalu, apa yang menyebabkan makan petai bikin bau napas dan urin jadi tidak sedap? Pada biji petai, terdapat beberapa macam zat yang menyebabkan bau tak sedap seperti hexathionine, tetrathiane, trithiolane, pentathiopane, pentathiocane, dan tetrathiepane. Selain itu, pada petai terdapat konsentrat asam amino yang tinggi dan menghasilkan gas metana (penghasil kentut) dalam tubuh.

Beruntungnya, zat-zat yang mengadung senyawa sulfur tersebut tidak berbahaya jika tertelan. Tapi jika efeknya masuk ke dalam tubuh, akan menimbulkan bau gas (biasanya bau pada napas mulut), dan urin berbau.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...