Ini Yang Membuat Tubuh Terasa Lemas Usai Pengobatan DBD
ilustrasi

Ini Yang Membuat Tubuh Terasa Lemas Usai Pengobatan DBD

Kamis, 9 Apr 2020 | 06:47 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Setelah melalui pengobatan demam berdarah dengue (DBD), tubuh masih lemas. Ini normal adanya karena tubuh masih dalam masa proses pemulihan. Saat dalam proses pemulihan ini, tubuh membutuhkan waktu agar kembali seperti semula.

Banyak pasien yang mungkin bertanya kenapa setelah pengobatan selesai, tapi tubuh tidak langsung bugar. Ada penjelasan medis di balik proses pemulihan DBD.

Alasan tubuh terasa lemas setelah melewati pengobatan DBD

Demam berdarah dengue (DBD) merupakan infeksi virus yang disebabkan oleh virus dari famili Flaviviridae. Setelah pengobatan DBD selesai terkadang tubuh kita masih merasa lemas dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Hal itu dapat terjadi karena beberapa orang mengalami post dengue fatigue syndrome (PDFS). 

Pada sebuah penelitian di Sri Lanka, dari 52 pasien yang menderita DBD, 9 pasien (17.3%) menderita PDFS. Fatigue didefinisikan sebagai gejala yang dapat terjadi pada otot dan saraf. Biasanya pasien mengalami kelemahan otot dengan atau tanpa rasa nyeri. Mekanisme terjadinya PDFS ini merupakan muktifaktorial kombinasi antara efek patogenik dari virus dengan respon imun penderita. 

Waktu pemulihan berbeda-beda dari satu orang ke yang lainnya tentu bergantung dari sistem imun masing-masing orang ada yang tidak melewati fase lemas setelah DBD dan ada yang membutuhkan waktu beberapa minggu hingga bulan untuk pemulihan. Maka dari itu, makanan dan minuman yang kita konsumsi sangatlah penting untuk proses pemulihan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...