Ini yang Membuat Wanita Hamil Malas Makan
ilustrasi

Ini yang Membuat Wanita Hamil Malas Makan

Jumat, 29 Nov 2019 | 20:09 | Rusmanto

Winnetnews.com - Sejak mengetahui dirinya hamil, wanita tidak bisa sembarangan lagi melakukan diet atau makan sesuatu. Mereka harus mengatur apa saja yang masuk ke dalam tubuhnya mengingat janin yang dikandung butuh makanan yang banyak. Kalau tidak, organ dari calon jabang bayi ini tidak bisa tumbuh dengan sempurna.

Kebutuhan Nutrisi dan Susah Makan

Mengingat nutrisi untuk kehamilan sangat penting, wanita tidak bisa makan sembarangan. Selain itu, kalau ada gejala penurunan nafsu makan harus segera diatasi dengan baik. Kalau sampai dibiarkan bisa memicu masalah besar baik pada diri sendiri atau janin.

Tugas wanita yang baru saja hamil adalah bagaimana cara menjaga pola makan agar tetap baik. Apalagi tiga bulan pertama kehamilan adalah saat yang paling krusial. Bayi harus dapat nutrisi yang sempurna agar tumbuh dengan baik dan terhindar dari risiko keguguran.

Gangguan Nafsu Makan pada Trimester Pertama

Nafsu makan sering sekali hilang pada tiga bulan awal kehamilan. Kondisi ini menyebabkan seorang wanita tidak nyaman dalam beraktivitas dan selalu lemas dalam melakukan apa pun. Pada trimester pertama ini penyebab kehilangan nafsu makan terdiri dari.

  • Morning sickness. Setidaknya sekitar 75 persen wanita hamil akan mengalami mual dan ingin muntah setiap pagi hingga beberapa bulan. Saat melihat makanan atau mencium aromanya kadang perasaan ingin muntah semakin tinggi.
  • Saat makan, apa saja yang masuk ke dalam mulut menjadi tidak nikmat. Bahkan ada rasa semacam besi yang membuat wanita ingin muntah dan semakin kehilangan nafsu makannya.
  • Peningkatan hormone di dalam tubuh. Kadar estrogen dan hCG akan naik dan menyebabkan perasaan mual dan pusing semakin tinggi. Dampak dari kondisi ini adalah hilangnya nafsu makan secara berlebihan.
  • Nyeri di perut bagian bawah karena implantasi atau karena kelelahan. Nyeri ini memberikan tekanan yang kuat di perut sehingga apa saja yang masuk melalui mulut seperti ditolak dan membuat wanita kerap muntah dan tubuhnya menjadi lemas.

Karena beberapa hal di atas, wanita akan mengalami penurunan nafsu makan. Selain itu ada kemungkinan wanita juga mengalami penurunan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, lakukan beberapa hal di bawah ini agar nutrisi yang masuk ke tubuh tetap terjaga.

  • Minum air putih yang cukup. Penuhi kebutuhan air putih setiap harinya sebanyak 8 gelas air atau 2 liter. Ingat, yang dibutuhkan air putih bukan air dengan aneka rasa khususnya manis. Minuman terlalu manis justru buruk kesehatan tubuh karena bisa memicu obesitas pada diri sendiri dan janin.
  • Makan dalam porsi kecil, tapi sering. Kalau Anda sering mual dan tidak nafsu makan, konsumsi makanan dalam porsi kecil saja. Makan setiap 2-3 jam sekali sebanyak 6 kali sehari. Begitu Anda merasa mual segera minum air hangat atau hentikan sementara aktivitas makannya.
  • Perbanyak karbohidrat kompleks dan protein. Karena tubuh butuh energi dalam jumlah banyak dalam waktu singkat, Anda disarankan untuk memperbanyak protein dan karbohidrat kompleks. Dengan mengonsumsi ini Anda akan jarang sekali lemas dan proses kehamilan bisa berjalan dengan lancar.
  • Hindari makanan dengan aroma menyengat. Makanan jenis ini terdiri dari durian, makanan dengan rempah yang banyak, dan makanan dari aneka kubis-kubisan. Makanan itu akan membuat Anda jadi mudah mual dan akhirnya tidak semangat lagi untuk menghabiskan makanan.
  • Pilih makanan yang bisa diterima lidah. Pilih makanan yang bisa diterima oleh lidah. Setiap orang memiliki jenis makanan spesifik saat hamil. Jadi coba lakukan trial and error untuk mengetahuinya.
  • Gunakan tambahan multivitamin. Vitamin dan mineral bisa didapatkan dari makanan yang diolah sendiri. Namun, karena kondisi sedang tidak mendung, gunakan suplemen saja. Biasanya dokter akan menganjurkan wanita hamil dengan vitamin B6. Kalau Anda merasa bisa mencukupi dari makanan asli, suplemen hanya opsional saja.
  • Minum air hangat kalau mendadak ingin mual. Selama hamil khususnya trimester pertama, ada baiknya untuk tidak mengonsumsi air putih terlalu dingin atau air es. Gunakan saja air yang hangat agar tubuh menjadi lebih nyaman dan Anda bisa menerima semua makanan. Selama ini wanita hamil sering mual setelah minum air es karena memicu perasaan tidak nyaman di lambung.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...