Ini yang Membuat Wanita Lansis Enggan Berhubungan Intim

Rusmanto

Dipublikasikan 10 bulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Ini yang Membuat Wanita Lansis Enggan Berhubungan Intim
ilustrasi
Winnetnews.com -  Gairah seksual manusia cenderung menurun seiring bertambahnya usia. Namun, wanitalah yang paling terpengaruh oleh efek penuaan ini. Gairah seks wanita lansia bisa menurun 2-3 kali lebih drastis ketimbang pria, dan umum mulai dirasakan pada usia 40 tahun. Lantas, apakah faktor ini saja yang membuat wanita lansia semakin enggan berhubungan seks di usia senja atau adakah faktor lainnya?

Berbagai alasan wanita lansia makin enggan berhubungan seks

Kaitan antara faktor usia wanita dan penurunan gairah seksual pernah diteliti oleh studi terbitan jurnal North American Menopause Society (NAMS). Studi ini membahas faktor selain biologis yang memengaruhi ppenurunan gairah seksual wanita terutama pada lansia.

Studi ini mengamati sekitar 4500 wanita di Inggris dan Amerika Serikat yang berusia 35-64 tahun, sedang menjalani hubungan serius dengan pasangannya, dan mengalami depresi. Wanita-wanita ini juga diketahui telah mengalami menopause dan terdaftar dalam uji coba skrining kanker ovarium.

Sebelum skrining kanker dimulai, wanita yang menjadi subyek penelitian masih aktif berhubungan seksual, tapi mengakui gairahnya menurun. Penurunan gairah ditandai dengan frekuensi berhubungan seks yang makin berkurang, merasa seks tidak lagi enak dan menyenangkan, atau bahkan mengeluhkan rasa tidak nyaman saat seks.

Dari penelitian ini diketahui bahwa faktor psikologis juga berperan besar menurunkan gairah seks wanita lansia menjadi berkurang. Di antaranya adalah citra diri negatif, kurang percaya diri, stres, perubahan mood khas gejala menopause, dan masalah rumah tangga dengan pasangan.

Alasan lainnya berkaitan dengan pasangan, seperti disfungsi erksi dan masalah kesehatan lainnya.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...