Inidia Beberapa Fitur Baru WhatsApp yang Ada di iOS

Rusmanto
Rusmanto

Inidia Beberapa Fitur Baru WhatsApp yang Ada di iOS ilustrasi

WinNetNews.com - WhatsApp telah merilis update untuk pengguna iOS yang menghadirkan deretan fitur-fitur anyar. Di antaranya ekstensi pemberitahuan, opsi pencarian untuk tab Status dan pendeteksi tautan yang mencurigakan.

Dilansir dari Gadgets NDTV, Rabu (5/9/2018), untuk mendapatkan pembaharuan tersebut pengguna harus mengunduh terlebih dahulu ke versi terbaru v2.18.90 di App Store. Dan perlu diketahui juga beberapa fitur baru ini hanya kompatibel untuk iOS 8.0 atau iOS 10.

Untuk fitur ekstensi pemberitahuan (notification extension), jika sebelumnya saat pengguna menerima pesan berupa gambar atau GIF maka diharuskan membuka aplikasi WhatsApp, nah kini pengguna bisa melihat langsung dari panel notifikasi tanpa harus membuka aplikasi WhatsApp. Dengan demikian, si pengirim pesan tidak tahu jika pesannya sebenarnya sudah dibaca.

Untuk menggunakannya, saat menerima gambar atau GIF, pengguna harus menggunakan 3D Touch atau geser ke kiri pada notifikasi dan ketuk "Tampilan" untuk melihat pratinjau media dari dalam panel notifikasi. Sayangnya fitur ini hanya tersedia untuk iPhone berbasis iOS 10 atau lebih tinggi.

Fitur kedua adalah pengguna sekarang memiliki kemampuan untuk mencari status dengan fitur tab pencarian Status baru. Jadi untuk pengguna iPhone sekarang akan dapat mencari kontak tertentu dan pembaruan status mereka secara langsung di tab Status. 

Jika kamu memiliki banyak kontak yang memposting pembaruan di Status, maka kamu akan dapat menemukan pembaruan status tertentu dengan fitur akses cepat yang baru.

Yang ketiga adalah fitur pendeteksi tautaran mencurigakan (suspicious link detection). Fitur ini telah diluncurkan untuk pengguna Android pada bulan Juli lalu dan kini resmi disediakan untuk pengguna iPhone. 

Dengan fitur tersebut, setiap kali ada kontak yang mengirim link atau tautan, pembaruan ini akan bekerja untuk memperingatkan pengguna sebelum membuka tautan tersebut. WhatsApp juga dilaporkan akan memperingatkan pengguna sekali lagi dengan mencari karakter yang tidak biasa jika mereka mencoba membuka tautan.

Untuk fitur suspicious link detection ini memang tidak disebutkan pada deskripsi tapi dipastikan turut tersedia di pembaruan versi v2.18.90. Selain itu, WhatsApp juga telah memberikan FAQ yang menjelaskan tentang fitur Link Mencurigakan tersebut. (detikcom)

Apa Reaksi Kamu?