Inidia Beberapa Tips Membuat Mie Ayam Sehat

Rusmanto
Rusmanto

Inidia Beberapa Tips Membuat Mie Ayam Sehat ilustrasi
Winnetnews.com -  Sekilas, bahan-bahan dalam mie ayam tampak mengandung nutrisi yang beragam. Terdapat karbohidrat dari mi, protein dari ayam, lemak dari kaldu ayam, serta vitamin dari sawi hijau. Meski demikian, mie ayam tetaplah makanan cepat saji yang tidak sepenuhnya sehat.

Lantas, adakah cara untuk membuat makanan ini menjadi lebih menyehatkan?

Tips membuat mie ayam sehat

Satu porsi mie ayam mengandung hampir 500 kalori, atau kira-kira setara dengan 25% kebutuhan energi dalam sehari. Hidangan ini juga banyak mengandung lemak jenuh dan natrium sehingga tidak boleh terlalu sering dikonsumsi.

Namun, Anda yang menggemari hidangan ini tak perlu berkecil hati. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat mie ayam yang lebih sehat:

1. Menggunakan mi rendah kalori

Salah satu sumber kalori terbesar pada mie ayam berasal dari bahan dasarnya, yakni mi tepung. Sebanyak seratus gram mi polos mengandung 88 kalori, sementara satu porsi mie ayam bisa mengandung lebih dari seratus gram mie.

Sebagai solusinya, Anda dapat membuat mie ayam yang lebih sehat dengan mengganti mi teoung dengan bahan rendah kalori. seperti shirataki. Mi shirataki dibuat dari glucomannan, yakni sejenis serat dari tanaman konjak yang populer di Jepang dan Tiongkok.

Kalori pada mi shirataki jauh lebih rendah dibandingkan mi tepung. Setiap 1 gram glucomannan mengandung 1 kalori, dan seratus gram mi shirataki mengandung 3 gram glucomannan. Artinya, 100 gram mi shirataki hanya mengandung sekitar 3 kalori.

Apa Reaksi Kamu?